oleh

Muara Enim Raih 9 Penghargaan Inovator Terbaik Sumsel 2021

MUARA ENIM, ENIMTV – Kabupaten Muara Enim berhasil meraih 9 penghargaan inovator terbaik se-Sumatera Selatan. Penghargaan tersebut diterima pada Malam Penganugerahan Inovator Sumatera Selatan Tahun 2021, di Griya Agung, Kota Palembang, Senin (20/12/2021).

Penganugerahan Inovator Sumatera Selatan Tahun 2021 ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-26 tahun tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam ajang ini, Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyerahkan penghargaan kepada insan berprestasi di Kabupaten Muara Enim yang disaksikan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani.

Baca juga:  Terkait Izin Pembelajaran Tatap Muka, Pemerintah Beri Kewenangan Penuh Kepada Pemda

Adapun penghargaan yang berhasil diraih sebagai berikut: 1. Terbaik Ketua TP PKK kab/kota Terinovatif oleh Hj. Renny Devi Nasrun Umar dengan Inovasi Produktif Kampung PKK; 2. Terbaik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Terinovatif oleh Febri Sumantri dari Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul dengan Inovasi Bumdes Barokah; 3. Terbaik Tenaga Kesehatan Terinovatif oleh Fitri Sujahria dari Puskesmas Desa Pajar Bulan dengan Inovasi Kapsul Cinta (Kelas Plus Ibu Hamil, Keluarga Cerdas); 4. Inovasi Pemanfaatan Limbah Buah dan Sayuran oleh STIE Serasan Muara Enim; 5. Inovasi Mesin Rumput Menjadi Dorong oleh SD Negeri 02 Gelumbang; 6. Inovasi Meporubets (Mesin Potong Rumput Tenaga Surya) oleh SMK Bukit Asam Tanjung Enim; 7. Inovasi Bio Urin Sapi oleh Desa Karang Endah Kecamatan Gelumbang; 8. Inovasi Layanan Terpadu Masyarakat Desa Wirausaha oleh Kecamatan Rambang Niru; 9. Inovasi Pemanfaatan Limbah Pisang Berharga Bernilai Ekonomis oleh Kecamatan Tanjung Agung.

Baca juga:  Buka Freedom Street Carnival 2022, Pj Bupati: Awal Kebangkitan Perekonomian Kabupaten Muara Enim


Pj. Sekda Muara Enim menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas capaian prestasi yang diraih para inovator asal Kabupaten Muara Enim.

“Semoga akan banyak bermunculan inovator-inovator lainnya sehingga mampu berkontribusi dalam mendukung pembangunan daerah,” ujar Emran di akhir acara.

Sementara itu, Gubernur Sumsel berharap inovasi yang dihasilkan dapat mengubah dari tidak ada menjadi ada, dari mahal menjadi murah, dari konsumsen menjadi produsen, yang sudah ada menjadi lebih efektif dan lebih efisien.

Baca juga:  Presiden Jokowi Ajak Pemimpin ASEAN Lakukan Langkah Percepatan & Penguatan di Bidang Kesehatan

Pada malam penganugerahan Inovator tersebut pula, Gubernur Sumsel meluncurkan Aplikasi Sinovda (Sistem Informasi Inovasi Daerah). Aplikasi Sinovda ini akan memudahkan Inovator mempublikasikan inovasinya serta memudahkan masyarakat dalam mengakses inovasi yang dibutuhkan. (Aal/Prokopim-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *