Balitbangda Muara Enim Adakan Pelatihan Penerapan Inovasi Teknologi Tepat Guna

Berita, Daerah167 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Muara Enim melaksanakan kegiatan Pelatihan Penerapan Inovasi Teknologi Tepat Guna, di Meeting Room Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Senin (29/11/2021).

Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi dua, yaitu Pembuatan Mesin Pemisah Beras dengan Narasumber Bapak Suwardi, S.P. dari GAPOKTAN Desa Embawang, Kecamatan Panang Enim. Kemudian Pembuatan Mesin Pencetak Batubata/Batako dari Sampah Plastik dengan Narasumber Bapak Ir. Agus Mulyadi, Inovator sekaligus Guru SMKN 1 Gelumbang.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Kepala Balitbangda M. Tarmizi Ismail.

Baca juga:  Update 18 Juni 2020: Pasien Sembuh COVID-19 di Indonesia Naik Jadi 16.798, Kasus Positif Bertambah 1.331

Adapun peserta pelatihan berjumlah 44 orang dari 22 kecamatan di Kabupaten Muara Enim, yang terdiri dari Petugas Penyuluh Lapangan, Komunitas Pencinta Lingkungan, Pengelola BUMDes, Pelaku Usaha Pengepul Sampah, Pengrajin Batako/Batubata dan Karang Taruna.

Kepala Balitbangda Muara Enim M. Tarmizi Ismail dalam kesempatan itu membacakan sambutan Bupati Muara Enim, yang pertama yaitu menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua narasumber yang telah bersedia membagikan ilmunya dalam kegiatan pelatihan ini.

Baca juga:  Bus Karyawan Tambang Buat Resah, Pemkab Muara Enim Perintahkan Bangun Halte Khusus

“Tujuan penyelenggaraan pelatihan ini sangat mulia, memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi, yang apabila dimanfaatkan secara optimal diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu dan membantu mewujudkan usaha produktif yang efisien,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan yang diadakan ini sejalan dengan Visi Kabupaten Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.

“Di mana pada salah satu misinya adalah Ekonomi Kerakyatan Kreatif yang kemudian dijabarkan lagi menjadi Program Kerja Strategis, salah satunya adalah mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui produk lokal dan unggulan,” jelasnya.

Baca juga:  Pembukaan Rapat Teknis OPD Kebudayaan dan Pariwisata se-Sumatera Selatan Tahun 2020

Setelah rangkaian acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi materi dari para narasumber, yang dibagi menjadi dua ruangan. Kemudian setelah pemberian materi, para peserta juga mendapatkan pelatihan praktik langsung dari para narasumber.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muara Enim, Ir. Kurmin dan perwakilan sejumlah OPD. (Aal)

Selengkapnya———- Simak video

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *