oleh

Dinilai Sukses, Berikut 9 Fakta Terungkap di Pameran Majasari UMKM Expo 2021

PRABUMULIH, ENIMTV – Pameran Majasari UMKM Expo 2021 telah selesai digelar, dan resmi ditutup, pada Rabu (10/11/3021) kemarin. Acara pameran yang bertujuan untuk menumbuhkan kembali geliat perekonomian dan UMKM lokal, yang digagas Lurah Majasari, Susi Windasari SKM bersama SMSI Kota Prabumulih ini pun ternyata di samping mendapatkan apresiasi langsung dari Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, juga banyak mengungkap fakta-fakta baru selama kegiatan.

Berikut catatan atau fakta-fakta baru yang terungkap dalam pameran Majasari UMKM Expo 2021 yang digelar selama 3 hari dari tanggal 8-10 November 2021 dan melibatkan puluhan perangkat RT/RW, LPM, Hansip, pegawai honorer serta staf kelurahan Majasari, di antaranya sebagai berikut:

Pertama, awalnya sempat diragukan dan banyak dipandang sebelah mata karena diselenggarakan oleh Kelurahan Majasari, yang merupakan salah satu kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Prabumulih Selatan, dan berada di pinggiran perbatasan Kota Prabumulih – Kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Gandeng Perhutani & PTPN III, PLN Optimistis Tingkatkan Bauran EBT Melalui Penggunaan Biomassa

Kedua, Lurah Majasari, Susi Windasari SKM terungkap baru 3 bulan ditunjuk dan dilantik sebagai Lurah. Namun sudah memiliki terobosan inovatif untuk mengembangkan pelaku usaha dan UMKM di wilayah Kota Prabumulih.

Ketiga, terungkap pelaksanaan acara pameran tidak menggunakan anggaran pemerintah, dan dilaksanakan secara bergotong royong bersama masyarakat.

Keempat, tak hanya merupakan pameran UMKM pertama di tingkat kota Prabumulih pasca dilonggarkanya PPKM Darurat, namun juga di Provinsi Sumsel.

Kelima, terungkap selain diikuti sekitar 40 UMKM yang ada di wilayah Prabumulih, kegiatan pameran juga diikuti perusahaan perbankan daerah Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih, Polres Prabumulih, Samsat dan Dinkes kota Prabumulih.

Baca juga:  Berharap Dapat Bantuan Pangan di Bulan Ramadan, KPM Penerima BPNT di Prabumulih Harus Gigit Jari

Keenam, disuport dan juga disponsori oleh perusahaan BUMD Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih, perusahaan BUMN PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 dan PTBA, serta perusahaan air minum WinRo.

Ketujuh, terungkap selain satu-satunya OKP yang ikut berpartisipasi dalam pameran tersebut, pemenang pertama stan terbaik terinovatif dan terkreatif, Karang Taruna Kota Prabumulih yang diketuai Wedi Saputra ini juga ternyata baru 1 bulan lalu terpilih secara aklamasi dan belum dilantik. Terlebih pada debut perdananya ini, Karang Taruna Kota Prabumulih juga berhasil meraih penghargaan dari Wali kota Prabumulih sebagai OKP yang memiliki komitmen tinggi atas pembinaan dan pengembangan UMKM yang ada di kota Prabumulih.

Kedelapan, juga terungkap produk hasil UMKM terbaru berupa benang dari kulit nanas yang baru beberapa bulan dikembangkan oleh salah satu peserta UMKM. Walau masih dipasarkan dalam bentuk bahan benang, tetapi prospek cerah produk limbah kulit nanas ini diharapkan terus berkembang dan menjadi bahan tenun songket dan kaos khas Prabumulih.

Baca juga:  Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Adat Dayak Lundayeh

Kesembilan, fakta lainnya, karena dinilai sukses menyelenggarakan acara pameran tersebut tanpa menggunakan anggaran pemerintah karena keterbatasan anggaran akibat pandemi COVID-19, Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM dalam arahannya menegaskan menunjuk langsung Lurah Majasari, Susi Windasari untuk mengetuai acara pameran pada HUT kota Prabumulih tahun depan.

Itulah sembilan fakta atau catatan yang terungkap dibalik pelaksanaan Pameran Majasari UMKM Expo 2021, yang digelar di Lapangan depan kantor Kelurahan Majasari, Kecamatan Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih. (SMSI Prabumulih)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *