oleh

Pj Bupati Harapkan Peran Dekranasda Bangun Bumi Serasan Sekundang

MUARA ENIM, ENIMTV – Diawali dengan meninjau display pameran hasil kerajinan dari berbagai belahan Bumi Serasan Sekundang, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) menyaksikan secara langsung pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab. Muara Enim Tahun 2021 yang dilakukan secara resmi oleh Ketua Dekranasda Kab. Muara Enim Hj Renny Devi Nasrun Umar di Balai Agung Serasan Sekundang, Kota Muara Enim, Senin (01/11/2021) siang.

“Selamat kepada bapak/Ibu sekalian yang telah dilantik dan dikukuhkan sebagai Pengurus Dekranasda Kabupaten Muara Enim Tahun 2021, khususnya kepada Ibu Hj Renny Devi Nasrun Umar yang dipercaya sebagai Ketua. Semoga ke depan dalam membantu para pengrajin dan UMKM lokal untuk maju dan tumbuh sehingga mampu meningkatkan perekonomian daerah dapat terwujud,” ucap Pj Bupati di awal sambutannya yang juga selaku Ketua Pembina Dekranasda Kab. Muara Enim.

Baca juga:  PT. MHP Kalau Mau Perbaiki Jalan, Perbaikilah yang Benar

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa Dekranasda Kab. Muara Enim memiliki tugas besar dalam menggali, melestarikan, membina dan mendorong potensi seni kriya, wastra atau kerajinan lainnya, termasuk kuliner daerah di Kab. Muara Enim agar mampu berdaya saing, sehingga pada akhirnya memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah yang bermuara pada kesejahteraan rakyat.

“Sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan, saya mengajak Dekranasda Kab.Muara Enim untuk menyelaraskan program kerjanya sesuai visi-misi dan program pembangunan Kab. Muara Enim melalui perumusan Dekranasda Kab. Muara Enim, dengan memaksimalkan potensi kerajinan daerah termasuk menjalin kerja sama dengan semua pihak, sehingga harapan saya akan peran Dekranasda dalam pembangunan di Bumi Serasan Sekundang dapat benar-benar terwujud,” kata Pj Bupati.

Tak hanya itu, Pj Bupati juga berpesan kepada para aparatur Perangkat Daerah yang turut serta menjadi pengurus Dekranasda agar dapat menyinergikan kegiatan maupun program kerjanya dengan mengakomodir dan memfasilitasi program kerja yang ada di Dekranasda Kab. Muara Enim, sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Baca juga:  Lahan Tidur, Jangan Menganggur

Tak lupa, di akhir sambutannya, Pj Bupati meminta Dinas Perdagangan selaku leading sektor Gerai Pusat Oleh-oleh Kab. Muara Enim dapat bekerja sama memberikan ruang dan peran kepada Dekranasda Kab. Muara Enim untuk turut memaksimalkan keberadaan Gerai Pusat Oleh-oleh Kab. Muara Enim sebagai sentra promosi kerajinan daerah dengan memamerkan produk kerajinan dan oleh-oleh dari seluruh Kec. yang ada di Kab. Muara Enim.

“Mengingat gerai tersebut Insyallah akan diresmikan pada peringatan HUT Kab. Muara Enim pada 20 November mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, usai membacakan dan menandatangani naskah pelantikan, Ketua Dekranasda Kab. Muara Enim berharap keberadaan Dekranasda Kab. Muara Enim dapat membantu secara optimal kerja Pemkab. Muara Enim dalam membina dan memberdayakan masyarakat, khususnya para pengrajin, para pelaku UMKM dan IKM sehingga dapat menjadikan wastra dan kriya di Kab. Muara Enim menjadi salah satu solusi dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca juga:  Resmikan PLTS Irigasi di Desa Tanjung Raja, Gubernur Sumsel: Mudah-Mudahan Produksi Pangan Kita Terus Meningkat

“Mari kita bekerja sama dalam menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan target-target yang jelas, sehingga harapan kita menjadikan Dekranasda Kab. Muara Enim sebagai salah satu solusi Pemkab. Muara Enim dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat dapat terwujud,” ajak Ketua Dekranasda Kab. Muara Enim.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Dekranasda Prov. Sumsel, Jajaran Forkopimda Kab. Muara Enim, Pj Sekda Kab, Muara Enim, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, dan Organisasi Wanita Kab. Muara Enim. (Aal/Diskominfo-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *