oleh

Bupati Lahat Buka Bimtek Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi

LAHAT, ENIMTV – Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi. Acara bertempat di gedung pertemuan Pemkab Lahat, Kamis (19/8/2021) pukul 09 45 wib.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Lahat Yunisa Rahman, S.I.P., M.M. dalam sambutannya menyampaikan dalam kegiatan ini kepala OPD akan dibekali dalam rangka pengenalan dan terobosan kemampuan, pematangan agar dapat memahami apa yang dimaksud dengan SPIP (Sistem Pengendalian Interen Pemerintah).

Yang nantinya SPIP akan langsung terintegrasi dengan BPKP tapi belum seluruhnya, akan difokuskan dulu ke OPD yang mempunyai resiko. .

Baca juga:  Diduga Diserobot Warga, Kajari Lahat Pasang Plang di KTM Kimsel

“Untuk di Kabupaten Lahat, ada di level 3 yang artinya sudah ada kemampuan untuk menganalisis di OPD. Dengan bimtek diharapkan kepala OPD dan kasubag perencanaan dapat memetakan risiko, risiko dari pada kerja yang akan dikerjakan terkait pendanaan, jarak, waktu dan resiko lainnya,” ujar Yunisa .

Bimtek ini diikuti oleh Kepala OPD 35 orang dan kasubag perencanaan 35 orang yang dibagi di beberapa sesi.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumsel diwakili bapak Syafrizal menyampaikan Level 3 adalah level tertinggi di negara kita ini.

Baca juga:  Buka Pelatihan Destinasi Wisata, Wabup Lahat Berharap Dapat Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

“SPIP dianggap penting karena di dalam melaksanakan roda pemerintahan harus transparan, dan itu di kuatkan dalam bentuk peraturan presiden (Perpres) nomor 60 tahun 2008 inilah landasan kami dalam mensosialisasikan baik dalam kementrian, lembaga maupun pemerintah daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang yang sekaligus membuka bimtek sangat mengapresiasi adanya Bimbingan teknis (Bimtek) Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi yang dilaksanakan Inspektorat ini.

“Kegiatan ini sangat penting dalam pelaporan keuangan aset dan anggaran, dan ketaatan perundangan-undangan. Untuk membangun SPIP sebaiknya dipahami manajemen dan prioritas sehingga melalui kegiatan ini diharapkan proses pembangunan yang ekonomis, efektif dan efisien.” ujarnya.

Baca juga:  Polres Lahat Gelar Vaksinasi Mobile Presisi di Pesantren Al-Fatah

Cik Ujang berharap dengan kegiatan ini OPD dapat menerapkan pembelajaran di lingkungan masing masing, kegiatan ini merupakan wujud Pemkab Lahat untuk meningkatan Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi di Kabupaten Lahat.

“Semoga dengan bimtek ini akan mampu meningkatkan penilaian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di lingkungan Pemkab Lahat dan meningkatkan level Maturitas SPIP Kabupaten Lahat pada tahun ini,” harapnya. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *