oleh

Pj Bupati Muara Enim Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) memimpin upacara pengibaran bendera merah putih dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Senin (17/8/2021).

Upacara yang digelar di halaman Kantor Pemkab Muara Enim itu, dihadiri dan diikuti oleh Forkopimda beserta istri, Pj. Sekda beserta istri, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, serta tamu undangan lainnya secara terbatas.

Adapun susunan petugas upacara selaku Inspektur Upacara yaitu Pj Bupati Muara Enim, Komandan Upacara Mayor Inf Zeri Mandani, Perwira Upacara Kapten Arm Broto Santoso, Pembaca UUD 1945 Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki, Pembaca Doa Kakan Kemenag Muara Enim, Komandan Paskibraka Letda Inf Hendrisyah Siregar.

Untuk peserta upacara yang berada di barisan terdiri dari 1 peleton Satuan Kodim 0404 Muara Enim, 1 peleton Polres Muara Enim, 1 peleton Satpol PP, dan 1 peleton Dishub.

Baca juga:  Kemenkominfo Gelar Webinar Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Muara Enim

Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021 ini digelar dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes), mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantauan Enimtv.com di lokasi, rangkaian kegiatan upacara mulai dari persiapan hingga penutupan berjalan dengan khidmat dan lancar.

Seusai upacara, Pj Bupati Muara Enim menyerahkan santunan berupa dana kehormatan dan bingkisan kepada 26 veteran dan 77 janda veteran, dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Penyerahan itu dilakukan secara simbolis kepada 3 orang veteran dan 3 orang janda veteran oleh Pj Bupati dan Ketua TP PKK Muara Enim.

76 tahun kemerdekaan Indonesia merupakan usia yang tidak muda lagi, tapi justru itu menjadi momentum untuk melakukan introspeksi diri.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Muara Enim saat diwawancara awak media setelah selesai upacara, Selasa, 17 Agustus 2021.

Baca juga:  Pemkab Muara Enim Bentuk Tim Terpadu Pencegahan Virus Corona

“Tanpa terasa 76 tahun kita sudah merdeka. Suatu usia yang tidak muda lagi. Tapi justru itu menjadikan momentum kita untuk melakukan introspeksi diri,” kata HNU.

Lebih lanjut, HNU mengatakan apa yang sudah dicapai dalam mengisi kemerdekaan ini, sudah memberikan suatu kondisi yang semuanya diarahkan dari pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat.

“Walaupun satu setengah tahun belakang ini kita dilanda Covid-19, tapi saya ingin mengajak seluruh masyarakat Muara Enim, dari penyelenggara pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk tidak menjadikan kondisi ini menjadi hambatan kita untuk membangun negeri yang kita cintai ini,” sambungnya.

Walaupun dalam pelaksanaannya, menurut dia, tentu ada regulasi serta aturan yang harus diikuti.

“Dan saya berani meyakinkan bahwa pandemi ini kita bisa dilawan ketika semua pemangku kepentingan bersatu padu melakukan apa yang dikatakan dengan disiplin prokes Covid-19,” ucapnya.

Baca juga:  Bareskrim Gagalkan Penyelundupan 159 Kg Narkoba Dari China

HNU mengajak seluruh masyarakat untuk optimistis berjuang bersama-sama melawan Covid-19, jangan menjadikan Covid-19 sebagai keterbatasan dalam membangun negeri. Dia mengingatkan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan sudah terbiasa menghadapi situasi tersulit sekalipun.

“Sebagaimana yang telah terjadi pada saat pahlawan kita menghadapi kesulitan-kesulitan masa lampau, sekarang pun kita harus bisa menghadapi kondisi ini. Oleh karenanya Covid-19 tidak boleh menjadikan kita terbatas dalam dalam membangun negeri ini,” ujarnya.

“Tapi dengan catatan, satu kata kunci yaitu kebersamaan, kebersamaan, dan kebersamaan. Sehingga dengan kebersamaan itu, dengan meningkatkan disiplin itu, kondisi ini akhirnya akan kita rasakan semakin hari semakin membaik,” pungkas HNU. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *