Kantor Imigrasi Muara Enim Perbarui Layanan Inovasi IKM Pintar

Berita, Daerah55 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi semakin pesat, serta dalam menunjang tugas dan fungsi keimigrasian dalam mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Muara Enim mengembangkan inovasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM Pintar).

” Ya, di tahun 2021 ini kami kembali mengembangkan Inovasi Aplikasi IKM Pintar dengan penambahan fitur bahasa Asing dan mengintegrasikan pada Website Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, guna menunjang Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap kinerja kita,” tutur Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Made Nurhepi Juniartha, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (1/6/2021).

Made menjelaskan, pengembangan Inovasi Aplikasi “IKM Pintar” di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim merupakan Mesin Inovasi Aplikasi dibuat di tahun 2020 dan diresmikan langsung oleh Bupati Muara Enim.

Baca juga:  Cerita Penggiat Kopi Arabica dari Semende: Mengubah Pola Pikir Petani Tradisional Jadi Profesional

Di mana pada saat itu Kantor Imigrasi Muara Enim ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui penilaian dan komentar mereka, terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas, yang tujuannya untuk menyasar masyarakat Warga Negara Indonesia pemohon Paspor Republik Indonesia.

“Sekarang tidak hanya Warga Negara Indonesia yang dapat menilai dan berkomentar terhadap layanan keimigrasian yang diberikan oleh petugas, namun Warga Negara Asing pun juga dapat menilai dan berkomentar terhadap kinerja Kantor Imigrasi Muara Enim,” terangnya.

Baca juga:  Gubernur Sumsel Launching Aplikasi 'Si Pantau Covid-19 SS'

Selain fitur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tambah Made, dalam aplikasi IKM tersebut pihaknya juga menambahkan fitur bahasa China.

” Ya, karena di wilayah kerja Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Muara Enim ini ada beberapa Proyek Strategis Nasional yang pekerja asingnya adalah kebanyakan Warga Negara China, jadi kami juga menambahkan fitur bahasa dalam China,” bebernya.

Lebih jauh, Made menerangkan, aplikasi IKM pintar tersebut tidak hanya berlaku bagi Kantor Imigrasi Muara Enim saja, namun juga berlaku kepada seluruh Unit Kerja Kantor (UKK) Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim di wilayah Provinsi Sumsel.

“Sekarang masyarakat dapat dengan mudah mengakses inovasi aplikasi IKM Pintar ini, dengan mengakses IKM pintar tersebut bisa lewat SmartPhone atau PC nya di mana saja, dengan masuk pada Website Kantor yaitu: https://kanimmuaraenim.kemenkumham.go.id,” terangnya.

Baca juga:  Presiden Jokowi: Kita Butuh Hukum Tata Negara yang Memandu untuk Bergerak Cepat dan Selamat

Aplikasi IKM Pintar ini merupakan suatu aplikasi yang dibuat agar masyarakat dapat terlibat secara langsung dalam menilai dan berkomentar terhadap kinerja Kantor Imigrasi Muara Enim.

“Ini langsung dipantau secara real-time oleh saya, diharapkan dengan adanya IKM pintar ini akan terus menjadi tolak ukur kinerja para pegawai kita untuk semangat dan komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Melanjutkan tujuan untuk mewujudkan Zona Integritas dalam mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani,” pungkasnya. (Deri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *