Lapas Muara Enim Laksanakan Pelatihan Membatik sebagai Pembinaan Kemandirian Bersertifikasi

Berita, Daerah132 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Enim melaksanakan pelatihan membatik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai bentuk pembinaan kemandirian bersertifikasi, Kamis (15/4/2021).

Kegiatan pelatihan membatik tersebut dilaksanakan selama 12 hari, bekerja sama dengan LKP Zakiyah dan UMKM Rumah Batik Serasan.

“Lapas memiliki peranan dalam memberikan pembinaan bagi WBP, baik berupa pembinaan kemandirian maupun pembinaan kepribadian,” jelas Kalapas Kelas IIB Muara Enim Herdianto.

Baca juga:  Satgas Penanggulangan Karhutla Muara Enim Berhasil Padamkan Api

Lebih lanjut, Herdianto mengatakan sebagai UPT yang ditunjuk sebagai Lapas Produksi oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Lapas Muara Enim telah menciptakan unit-unit produksi yang dapat menyerap tenaga kerja bagi WBP dan telah ikut serta menghasilkan Pendapatan Negara Bukan Pajak.

Sementara itu, Taufik selaku Kasi Binadik Giatja menjelaskan, sebanyak 20 orang Warga Binaan dipilih sebagai peserta per paket pelatihan. Pada tahun 2021, Lapas Muara Enim mendapat kuota 9 paket pelatihan yang direncanakan terdiri dari 5 paket pelatihan membatik dan 4 paket pelatihan konveksi.

Baca juga:  Capaian Kerja dan Prestasi Polres Muara Enim Selama 2019

“Pelatihan membatik yang sekarang berjalan sudah paket ke-3, di mana pelatihan ini dilatih langsung oleh tenaga profesional dari Rumah Batik Serasan menggunakan teknik cap dan canting dengan motif lemang,” jelas Taufik. (Humas Lanim/Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *