oleh

Sekda Lahat Minta Proses Pengadaan Tanah Jalan Tol Dapat Senangkan Semua Pihak

LAHAT, ENIMTV – Pjs. Sekda Lahat Drs. H. Deswan Irsyad, M.Pd.I. meminta agar pelaksanaan pengadaan tanah dapat satu persepsi antara masyarakat, pemerintah, pihak ketiga dan stakeholder lainnya. Hal itu ia ungkapkan saat rapat pengadaan tanah untuk ruas Jalan Tol Muara Enim – Lahat – Lubuklinggau yang berlangsung di Ruang Opp Room Pemkab Lahat, Senin (12/4/2021).

Baca juga:  Pemdes Ulak Pandan Bagikan BLT DD Tahap 5 Kepada 77 Warga

Deswan yang juga sebagai Ketua Tim Persiapan Pembangunan Jalan Tol tersebut menyambut baik pembangunan ruas jalan tol, karena dapat meningkatkan akses untuk masyarakat. Namun, segala sesuatu mekanisme maupun prosedur dan tata cara pengadaan tanah menurutnya harus terbuka.

“Sehingga pengadaan tanah memang dirasakan clear dan clean, baik dari pemerintah dan masyarakat, Jangan sampai kita sudah clear tetapi di masyarakat belum,” ujarnya.

Baca juga:  Jumat Barokah, Polres Lahat Bagikan 100 Nasi Kotak

Kemudian untuk pemberian kompensasi tanah masyarakat yang digunakan untuk pembangunan jalan tol ini, kata Deswan, mulai dari masa persiapan sampai pelaksanaannya dapat menyenangkan semua pihak, namun sesuai aturan sehingga proses pelaksanaan pengadaan tanah jalan tol ini tidak menuai masalah di kemudian hari.

“Masyarakat merasakan ini suatu kenyamanan, terutama yang mendapatkan ganti untung jika memungkinkan sesuai aturannya,” terangnya.

Baca juga:  Indonesia - Singapura Sepakati Kerangka Negosiasi FIR

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Lahat – Muara Enim – Lubuklinggau dari Kementerian PUPR, Rasiman mengatakan, ruas jalan tol Muara Enim – Lahat – Lubuklinggau nantinya sepanjang 106 kilometer dengan luas 118.372 m².

“Jangka waktu persiapan pengadaan tanah 2 – 3 bulan,” ujarnya. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *