Satgas Covid-19 Bersama Kepala BKPSDM Lahat Bantah Jika Sekda Terpapar Covid-19 Saat Ikuti Outbound

Berita, Sumsel912 views

LAHAT, ENIMTV – Juru Bicara Satgas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat Taufiq M. Putra membenarkan meninggalnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat H. Januarsyah Hambali disebabkan oleh terpapar Covid-19, namun virus tersebut bukan didapatkan dari hasil perjalanan outbond di Kota Bogor seperti yang telah diberitakan sebelumnya.

Keterangan tersebut ia sampaikan saat jumpa pers bersama Enimtv.com beserta awak media lainnya di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat sambil menunggu kedatangan jenazah almarhum untuk dimakamkan, Minggu (20/12/2020).

Kepala BKPSDM Lahat Aries Farhan yang turut memberikan keterangan dalam jumpa Pers, sebagai penyelenggara kegiatan outbound, menjelaskan bahwa kegiatan itu sebenarnya sudah direncanakan sejak di awal tahun 2020 sebagai program Entertaint Government. Namun karena berbagai halangan, akhirnya terlaksana pada tanggal 2 s.d. 5 Desember 2020.

Baca juga:  Monitoring Pilkades Serentak, Cik Ujang: Saya Harap Aman, Nyaman dan Tentram

Dijelaskan Farhan, total ada 45 pejabat yang mengikuti kegiatan outbound tersebut mulai dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kepala Dinas dan Kepala Badan. Namun, sebelum keberangkatan hingga pulang, seluruh peserta telah di assessment tes swab, bahkan oleh petugas di Kota Bogor bahwa tidak ada satu pun yang terkena reaktif Covid-19.

“Mungkin terpaparnya di tempat lain selain dari kegiatan outbound tersebut,” ujar Farhan.

Baca juga:  Kapolres Lahat Letakkan Batu Pertama Pembangunan Musholla Al-Kautsar Polsek Kikim barat.

Ditambahkan oleh Taufik, hasil tes swab yang dilakukan Pemkab Lahat pada Kamis (16/12) yang diikuti oleh seluruh pejabat serta keluarganya, sudah ada 3 pejabat yang terkonfirmasi Covid-19, dua di antaranya meninggal dunia, yaitu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) dan Sekda, namun ia enggan menyebutkan satunya lagi dengan alasan melindungi privasi pasien Covid-19.

“Ke depannya, satgas akan melaksanakan pencegahan lebih ketat lagi agar tidak kecolongan seperti yang telah terjadi saat ini. Diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lahat untuk tetap menerapkan Disiplin 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) untuk memutus penyebaran Covid-19.” ujarnya

Baca juga:  Jajaran Direksi PTBA Gelar Silaturahmi Bersama Jurnalis Kabupaten Muara Enim

Pantauan Enimtv.com saat pelaksanaan pemakaman H. Januarsyah, dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat di pemakaman Kelurahan Kota Baru. Tidak satu pun pejabat, keluarga dan kerabat diperbolehkan mendekati almarhum. Tampak haru tangis istri dan anak almarhum mengiringi kepergiannya. (Endi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *