oleh

Anggota Forum CSR PKBL Lahat Telah Salurkan Rp16 Miliar Dana CSR Kepada Daerah

LAHAT, ENIMTV – Perusahaan yang tergabung dalam Forum Corporate Social Responsibility – Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (CSR-PKBL) Kabupaten Lahat bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Lahat menggelar Rapat Koordinasi Laporan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Kemitraan Pembangunan.

Acara yang bertemakan “Melalui Forum CSR PKBL, Kita Tingkatkan Sinergitas Dan Kemitraan Dalam Mewujudkan Pemerataan Pembangunan Menuju Lahat Bercahaya” tersebut digelar di Ballroom Hotel Grand Zury Lahat, Senin (14/12/2020).

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Forum CSR PKBL Kabupaten Lahat, Hartono yang juga merupakan Senior Manager CSR PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) bersama Kepala Bappeda Pemkab Lahat Nizarudin, menyampaikan terima kasih kepada semua anggota forum dan Pemerintah Daerah yang telah berkesempatan hadir dan mengikuti kegiatan rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Forum CSR-PKBL Kabupaten Lahat.

Baca juga:  Sekda Lahat: New Normal Bukan Berarti Hidup Bebas, Masyarakat Harus Disiplin Terapkan Prokes 3M

Hartono menjelaskan, melalui forum CSR ini, BUMN, BUMD dan BUMS melaporkan kontribusinya kepada daerah melalui program CSR dalam membantu pembangunan di Kabupaten Lahat.

Laporan CSR PKBL tahun 2020 ini mengacu pada Keputusan Bupati Lahat No. 30 tahun 2013. Surat Keputusan Bappeda No 92 tahun 2018 tentang pembentukan forum CSR PKBL Kabupaten Lahat.

“Hingga akhir tahun ini, menurut laporan perusahaan yang tergabung dalam forum CSR PKBL kepada Bappeda Kabupaten Lahat, tercatat ada 106 perusahaan yang terdaftar dan hanya 18 perusahaan yang telah berkontribusi kepada daerah dengan total dana yang telah disalurkan melalui program CSR, yaitu sebesar Rp16 miliar,” jelasnya.

Baca juga:  Abu Bakar Yarbo, Penasihat SMSI Jawa Timur Berpulang

“Forum CSR PKBL ini dapat menjadi wadah yang memberikan kesempatan semua stakeholder (perusahaan) untuk berperan serta dalam kegiatan sosial dalam memajukan Kabupaten Lahat. Hari ini juga, kami menyampaikan keberhasilan program pada tahun 2020 ini, ini juga perlu disampaikan agar pemerintah tahu bahwa perusahaan telah melakukan berbagai program,” imbuh Hartono.

Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang melalui Asisten I Pemerintah Kabupaten Lahat H. Rudi Thamrin, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan kegiatan ini. Ia berharap CSR yang telah disalurkan oleh Perusahaan berguna untuk memajukan Kabupaten Lahat.

Baca juga:  Hadapi Tantangan Global, Wapres Dorong Penguatan Sektor Pertahanan dan Keamanan

“Saat ini ada 57 perusahaan yang aktif, dan hanya ada 18 perusahaan yang berkontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Lahat dengan total Rp16 miliar. Untuk ke depan supaya perusahaan lainnya dapat memberikan kontribusinya untuk pembangunan Kabupaten Lahat,” bebernya.

Kegiatan Forum CSR-PKBL kali ini dikemas dalam diskusi yang diisi oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan, yang diikuti oleh seluruh unsur pimpinan SKPD Pemkab Lahat dan Camat se-Kabupaten Lahat.

Peserta yang mengikuti acara berjumlah lebih kurang 150 orang yang terdiri dari Forkompinda, Pimpinan BMUD, BUMN, BUMS dan tamu undangan lainnya. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *