oleh

Sekda Lahat H. Januarsyah Buka Pelatihan Manajemen Homestay

LAHAT, ENIMTV – Guna meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat khususnya di bidang pariwisata, Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pariwisata menggelar Pelatihan Manajemen Homestay atau Rumah Wisata di Hotel Calista, Lahat, Selasa (3/11/2020).

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 3 November s.d 5 November 2020 itu dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat H. Januarsyah, S.H., M.M. dan diikuti oleh 56 orang peserta se-Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Pariwisata Lahat, M. Safrani Cikmin, S.H. mengatakan pelaksanaan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat pedesaan yang ada di setiap kecamatan.

Baca juga:  Antisipasi Tak Ada Permintaan Batu Bara 20 Tahun Lagi, PTBA Siapkan Transformasi Bisnis

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pelatihan kepada setiap peserta, bagaimana cara membuat Manajemen Homestay, apalagi para wisatawan asing dari mancanegara lebih suka menginap di rumah-rumah masyarakat. Melalui kegiatan ini juga kita berharap bisa membantu masyarakat dan meningkatkan ekonomi desa melalui Homestay atau rumah wisata,” ujar Safrani kepada awak media, Selasa, 3 November 2020.

Safrani menambahkan, Homestay merupakan salah satu sarana penting dalam menunjang usaha industri pariwisata. Untuk merealisasikan usaha wisata homestay di wilayah kabupaten Lahat, dibutuhkan partisipasi dari pihak terkait dalam hal memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya meningkatkan kualitas SDM, khususnya bagi pelaku usaha Homestay.

Baca juga:  PT. BP Bagikan Ratusan Paket Sembako Untuk Warga 4 Desa di Kec. Merapi Timur

“Dengan tata kelola manajemen secara baik dan benar, baik itu dalam hal promosi, pemeliharaan serta penataan, Homestay dapat memperluas kesempatan usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Sekda Lahat dalam arahannya, berharap melalui kegiatan Pelatihan Manajemen Homestay ini, para peserta bisa memahami apa-apa yang disampaikan oleh narasumber.

Baca juga:  Bupati Lahat Serahkan BLT DD Tahap III Untuk 13 Desa di Kecamatan Merapi Timur

“Ini kegiatan cukup bagus sekali, apalagi Kabupaten Lahat terkenal dengan julukan “Sejuta Megalit” dan “Seribu Air Terjun”. Untuk itu, saya berharap para peserta benar-benar memahami dan menerapkan apa yang disampaikan oleh narasumber,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran OPD Pemkab Lahat, staf pegawai Dinas Pariwisata Lahat, staf khusus bidang Wisata. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *