oleh

Pemdes Cempaka Wangi Bagikan BLT DD Tahap III Bagi 128 Warganya

LAHAT, ENIMTV – Pemerintah Desa (Pemdes) Cempaka Wangi, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan membagikan Bantuan Langsung Tunai melalui Dana Desa (BLT DD) tahap ke-3 sebesar Rp300.000 bagi 128 warganya. Acara bertempat di Aula Gedung Pasar Kalangan desa setempat, Kamis (17/9/2020).

Dengan pembagian BLT Ini, berakhirlah seluruh rangkaian penyaluran BLT DD yang telah disalurkan sejak April 2020 yaitu masing masing Keluarga Penerima Manfaat mendapatkan Rp2.700.000.

Kepala Desa Cempaka Wangi Setio Haryadi dalam sambutannya mengatakan bahwa program penyaluran BLT DD ini mengacu pada Permendes PDTT tahun 2020, yang mengharuskan setiap desa menyalurkan Bantuan Langsung Tunai kepada warganya menggunakan anggaran Dana Desa, untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Pandemi Covid-19 dan belum ter-cover oleh Bansos lainnya.

Baca juga:  Festival Media 2023, Ajang Pembuktian Jurnalisme Berkualitas di Sumsel

Pemdes Cempaka Wangi menganggarkan Rp305.100.000 untuk penyaluran BLT DD dari Total Dana Desa Rp762.943.000, sisanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur padat karya.

“Tentunya di saat Pandemi Covid-19 saat ini pendapatan masyarakat banyak berkurang. Kami berharap BLT DD ini dapat membantu meringankan beban masyarakat untuk mencukupi kebutuhan pokok keluarganya sehari hari,” kata Setio.

Baca juga:  KLHK Tingkatkan Kesiapsiagaan Dalam Atasi Karhutla di Bulan September

Sementara itu, Siluman Ansori (66) salah satu warga setempat mewakili Keluarga Penerima Manfaat lainnya merasa sangat bersyukur atas BLT DD yang ia dapatkan. Baginya, setidaknya uang yang ia peroleh bisa untuk bertahan hidup di masa Pandemi Covid-19 ini.

“Saat ini kondisi perekonomian kami sangat sulit. Syukurlah BLT DD ini dapat mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari,” ungkap pria yang kesehariannya menyadap karet.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan Musyawarah Desa (Musdes) bersama BPD dan masyarakat membahas pembangunan infrastruktur dengan Menyerap langsung masukan dari masyarakat. Di antaranya membahas pengadaan Ambulance dan WI-FI untuk menunjang aktivitas belajar anak sekolah yang pada saat Pandemi Covid-19 ini harus menggunakan Internet.

Baca juga:  PT BP Gelar Vaksinasi Gotong Royong Kedua Untuk Seluruh Karyawan

Disamping itu juga, pada Musdes tersebut, Pemdes setempat mengumumkan hasil pendapatan yang diperoleh dari pengelolaan Bumdes kepada warganya.

Pantauan Enimtv.com langsung di lokasi, acara berlangsung dengan aman dan tertib hingga selesai.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Camat Merapi Timur Miharta, S.E., M.Si. beserta jajarannya, Kepala BPD Cempaka Wangi Umerdi Efendi Lubis (Ucok), Babinsa, Bhabinkamtibmas, beserta seluruh Perangkat Desa Cempaka wangi. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *