oleh

Pembangunan GOR Multifungsi Desa Lebak Budi Disinyalir Bermasalah

MUARA ENIM, ENIMTV – Menindaklanjuti berita Enimtv.com pada Kamis (14/12/2023) yang berjudul “Dianggarkan Rp1,5 Miliar, Pembangunan GOR Multifungsi Dihentikan“. Pembangunan gedung tersebut hingga saat ini belum juga dilanjutkan.

Diterangkan dari berbagai sumber, ternyata GOR tersebut diduga sudah bermasalah mulai dari perencanaan, baik itu koordinasi dengan dinas terkait, seperti tata ruang maupun koordinasi dengan masyarakat.

Baca juga:  Jelang Regional Marpolex 2022, KPLP Gelar Pertemuan dengan Coast Guard Filipina dan Jepang

Rencana pembangunannya yang sudah mengeluarkan biaya tidak diiringi dengan DED (Detail Engineering Design). Ternyata lokasi pembangunannya terletak di lahan Hutan Tanaman Produksi, bukan di lahan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, seperti diterangkan oleh Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Muara Enim Andrian, Senin (4/12/2023).

Lebih jelasnya, Andrian menjelaskan, seharusnya, harus mendapatkan surat izin dulu dari Dinas Kehutanan Provinsi lebih dahulu sebelum mendirikan bangunan.

Baca juga:  Kapolri Persilakan Peserta Lomba Mural Kreasikan Kritikan ke Polri

Patut dipertanyakan tentang biaya yang sudah dikeluarkan untuk DED dan patut diduga proses lelangnya bermasalah. Proyek ini juga terkesan mau menghamburkan uang negara.

DED, guna memenuhi standar bangunan dan fasilitas pendukung, lahannya clear dan clean, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti tercantum dalam Musrenbang, masuk dalam rencana strategis yang dimasukkan dalam Road Map Pembangunan Fasilitas Olahraga sesuai standarnya.

Baca juga:  Pengurus NPCI Muara Enim Masa Bakti 2020-2025 Resmi Dilantik

Lokasi pembangunan gedungnya sekitar 5 km dari pemukiman warga dan pagu anggaran Rp1,5 miliar, apakah sudah sesuai manfaat dan Detail Engineering Design?

Hingga berita ini diterbitkan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Muara Enim belum menjawab surat konfirmasi. (Gusti)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *