Pembangunan GOR Multifungsi Desa Lebak Budi Disinyalir Bermasalah

Berita, Daerah151 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Menindaklanjuti berita Enimtv.com pada Kamis (14/12/2023) yang berjudul “Dianggarkan Rp1,5 Miliar, Pembangunan GOR Multifungsi Dihentikan“. Pembangunan gedung tersebut hingga saat ini belum juga dilanjutkan.

Diterangkan dari berbagai sumber, ternyata GOR tersebut diduga sudah bermasalah mulai dari perencanaan, baik itu koordinasi dengan dinas terkait, seperti tata ruang maupun koordinasi dengan masyarakat.

Baca juga:  HNU Buka Diklat Paskibraka Tingkat Kabupaten 2021

Rencana pembangunannya yang sudah mengeluarkan biaya tidak diiringi dengan DED (Detail Engineering Design). Ternyata lokasi pembangunannya terletak di lahan Hutan Tanaman Produksi, bukan di lahan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, seperti diterangkan oleh Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Muara Enim Andrian, Senin (4/12/2023).

Lebih jelasnya, Andrian menjelaskan, seharusnya, harus mendapatkan surat izin dulu dari Dinas Kehutanan Provinsi lebih dahulu sebelum mendirikan bangunan.

Baca juga:  PTBA Serahterimakan GOR Sepak Takraw dan Mobil Operasional Basnas Kepada Plt. Bupati Muara Enim

Patut dipertanyakan tentang biaya yang sudah dikeluarkan untuk DED dan patut diduga proses lelangnya bermasalah. Proyek ini juga terkesan mau menghamburkan uang negara.

DED, guna memenuhi standar bangunan dan fasilitas pendukung, lahannya clear dan clean, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti tercantum dalam Musrenbang, masuk dalam rencana strategis yang dimasukkan dalam Road Map Pembangunan Fasilitas Olahraga sesuai standarnya.

Baca juga:  Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Bahar bin Smith, Polisi Periksa 50 Saksi dan 6 Barang Bukti

Lokasi pembangunan gedungnya sekitar 5 km dari pemukiman warga dan pagu anggaran Rp1,5 miliar, apakah sudah sesuai manfaat dan Detail Engineering Design?

Hingga berita ini diterbitkan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Muara Enim belum menjawab surat konfirmasi. (Gusti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *