oleh

Ringankan Beban Masyarakat, Pemkab Banyuasin dan Muara Enim Teken MoU Kerja Sama Penyediaan & Pendistribusian Kebutuhan Bahan Pangan

BANYUASIN, ENIMTV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin dan Pemkab Muara Enim melaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam Penyediaan dan Pendistribusian Kebutuhan Bahan Pangan Pokok Komoditi Pertanian Berupa Cabe, Pemanfaatan Rice Milling Uniy (RMU) dan Dryer, Pengembangan Komoditi Padi dan Cabe.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Hortikultura (DPTH) Kabupaten Banyuasin Sarip, SP., M.M. dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Muara Enim H. Ulil Amri, SP.,M.M, beserta Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Banyuasin Masita Liana, SP, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muara Enim Ir. Syamsiah, M.Si., yang disaksikan langsung oleh Pj Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam, SH, dan Pj Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., bertempat di Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin, Minggu, 10 Desember 2023.

Baca juga:  Siapkan Sarana Pengaduan bagi Masyarakat untuk Ciptakan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Berkualitas

Dalam sambutannya, Pj Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam, S.H. menyambut baik dengan adanya PKS ini, mengingat dengan kerja sama ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat kedua kabupaten dalam sektor pertanian dan ketahanan pangan, bagi masyarakat yang kekurangan pasokan bahan pokok yang disebabkan oleh efek El-Nino.

Dirinya berharap kerja sama ini tidak hanya sebatas teken MoU saja, namun dinas terkait segera mendata dan melaksanakan realisasi isi dari MoU tersebut.

Baca juga:  Sapta Nirwandar: RI Tuan Rumah Global Tourism Forum 15-16 September 2021, Libatkan 101 Pembicara Kelas Dunia

“Dengan kerja sama ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, karena kekurangan pasokan bahan pokok. Kami berharap kedua kabupaten dapat berkolaborasi menekan angka inflasi di Sumsel,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hani menjelaskan bahwa, PKS ini semata mata untuk masyarakat, dalam hal ini Kabupaten Banyuasin maupun Muara Enim, dalam hal meringankan beban masyarakat terkait kebutuhan pokok seperti cabai dan beras.

Baca juga:  Plt. Bupati Muara Enim Resmikan Aplikasi Siduk, Inovasi Kantor Imigrasi dan Disdukcapil Muara Enim

“Insya Allah ke depan PKS ini juga akan dilaksanakan juga berkaitan khususnya Pangan,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Pj Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A, dikatakannya bahwa MoU ini merupakan hal positif untuk Muara Enim. Dirinya berharap ke depan bisa dilaksanakan MoU pada sektor lain.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera eksekusi, dari Banyuasin kirim beras, dan Muara Enim mengirim Cabai untuk Kabupaten Banyuasin. PKS ini tentu semata-mata untuk meringankan beban masyarakat, dan menekan laju inflasi di Sumsel,” pungkasnya. (SMSI Banyuasin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *