Hari Jadi Kabupaten ke-77, Pj Gubernur Sumsel Apresiasi Capaian Pemkab Muara Enim

Berita, Daerah63 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengapresiasi berbagai capaian dan torehan prestasi yang berhasil dibuat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, di antaranya peningkatan indeks pembangunan manusia, bertambahnya angka harapan hidup, penurunan angka kemiskinan, kasus balita stunting dan tingkat pengangguran.

Apresiasi itu disampaikan Pj Gubernur pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muara Enim II dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-77, Senin (20/11/2023) di Gedung DPRD Kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Pemerintah Anggarkan Rp123,46 Triliun, Dukung UMKM Go Digital Pulih dan Kembali Produktif

Menurutnya, hal tersebut tak lepas dari peran serta Kepala Daerah, dalam hal ini Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali bersama seluruh pemangku kepentingan yang komitmen dalam mewujudkan cita-cita pembangunan daerah.

Dalam Rapat Paripurna yang dibuka oleh Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki itu, Pj Bupati menyampaikan di hari jadi ke-77 ini tentu banyak pencapaian yang telah dilakukan, namun juga harus diakui bahwa masih terdapat pekerjaan rumah yang mesti segera dituntaskan.

Baca juga:  Presiden: Mari Bersatu, Saling Peduli dan Berbagi untuk Kemajuan Negeri Tercinta

Secara khusus, Pj Gubernur memuji capaian kinerja mulai dari perkembangan APBD yang naik dari Rp2,3 triliun pada tahun 2017 menjadi Rp3,7 triliun di tahun 2023, dengan realisasi investasi tahun 2023 melebihi target yakni mencapai 113,5% atau Rp13,1 triliun, sehingga menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai daerah dengan realisasi investasi tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga:  Pemkab. Muara Enim Kucurkan Rp 11,8 Miliar Untuk Pembangunan Jalan di Muara Belida

Begitu pula halnya dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 8,39% di tahun 2022 atau tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan, serta penurunan angka kemiskinan menjadi 10,93% dari 11,12% di tahun 2022 yang diambil dari data Badan Pusat Statistik Kabupaten Muara Enim.

Untuk itu, Pj Gubernur berharap agar capaian tersebut dapat selalu dipertahankan dan terus ditingkatkan bersama seluruh pemangku kebijakan lainnya, untuk kompak berkolaborasi mewujudkan pembangunan daerah yang berkesinambungan. (Aal/Prokopim-ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *