oleh

Upaya Mitigasi Bencana, Lapas Muara Enim Gandeng DPKP

Muara Enim – Dalam rangka upaya mitigasi bencana, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Enim menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Muara Enim guna melakukan inspeksi penilaian peralatan proteksi kebakaran, Rabu (3/5/2023).

Pada kesempatan itu, Kalapas Muara Enim Herdianto melalui Kasi Minkamtib Agusnadi bersama Ka. KPLP Ressy Setiawan dan Kasi Binadik Taufik menyambut hangat kedatangan tim inspeksi Bidang Pencegahan Kebakaran DPKP Muara Enim.

“Kita menyambut baik kegiatan ini, tadi dalam proses inspeksi, tim inspeksi DPKP Muara Enim telah melakukan pengecekan pada peralatan pencegahan yang dimiliki gedung Lapas kita, seperti ketersediaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), penanda darurat, sistem peringatan dini hingga jalur evakuasi bencana alam,” ujar Kalapas Muara Enim Herdianto saat dikonfirmasi.

Baca juga:  Semarak HBP ke-58, Kalapas Muara Enim Resmi Buka PORSENAP 2022

“Kegiatan ini juga merupakan upaya mitigasi bencana yang kita lakukan terhadap bahaya kebakaran. Oleh karenanya, sarpras keselamatan juga harus dipastikan berfungsi dengan baik,” tandas Herdianto.

Hal yang sama dikatakan Kasi Minkamtib Agusnadi, bahwa sudah menjadi tugas pokok dan fungsi kita, untuk terus melakukan pemeriksaan dan perawatan APAR.

“Tadi tim DPKP Muara Enim tidak hanya mencoba dan mengawasi keberfungsian alat proteksi kebakaran, tim juga langsung memberikan koreksi serta rekomendasi mengenai kondisi proteksi keamanan gedung pada pengelola agar dapat dilakukan perbaikan,” kata Agusnadi.

Baca juga:  PT Angkasa Pura II (Persero) Bangun Jembatan Sebagai Aksesibilitas Baru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Sementara itu, Ketua Tim DPKP Muara Enim, Tamzir mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan rutin, semua yang dilakukan adalah selain untuk mencegah terjadinya kebakaran yang bisa merugikan gedung, juga lebih memberikan rasa aman bagi pengelola gedung, penghuni, maupun pengunjung bahwa gedung tersebut aman jika terjadi bahaya kebakaran.

“Inspeksi peralatan dan sarana penanggulangan kebakaran pada Lapas Muara Enim sudah cukup baik, semuanya untuk dapat memberikan rasa aman pada petugas maupun warga binaan dari bahaya kebakaran. Kita juga disambut dengan sangat baik di Lapas Muara Enim ini,” katanya.

Baca juga:  Tingkatkan Kerja Sama, Presiden Jokowi dan PM Hun Sen Gelar Pertemuan Bilateral

Dalam kegiatan Inspeksi Bidang Pencegahan Kebakaran DPKP Muara Enim turut hadir Kasubsi Pelaporan Indra Wijaya, Kasubsi Keamanan Kiki Candra dan Kaur Umum Ari Septemi. (Aal/Humas Lanim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *