oleh

Panen Raya Padi Sawah di Desa Tanjung Jati, Plt Bupati Luncurkan Program PPAUK di 22 Kecamatan

MUARA ENIM, ENIMTV – Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah bersama Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi dan Komandan Kodim 0404/Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar beserta anggota Forkopimda lainnya melaksanakan Panen Raya Padi Sawah, pada Unit Pelayanan Jasa Alat Mesin Pertanian (UPJA) Cahaya Bintang di Desa Tanjung Jati, Kecamatan Muara Enim, Rabu (03/05/2023).

Dalam panen raya seluas 132 hektare ini, Plt Bupati juga meluncurkan program Pusat Percontohan Agribisnis Usaha Kerakyatan (PPAUK) Kecamatan Muara Enim dan PPAUK untuk 22 kecamatan lainnya.

Baca juga:  Peringatan Hari Otonomi Daerah, Plh Bupati Muara Enim: Momen Kembali Mengingat Komitmen Membangun Daerah

Dalam sambutannya, Plt Bupati berterima kasih kepada semua pihak, baik Petani, Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan), Penyuluh Pertanian, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Kades, Camat dan seluruh masyarakat yang telah menyukseskan kegiatan panen raya ini dan turut serta bekerja keras dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Dijelaskan pula bahwa dari hasil ubinan yang dilakukan oleh petugas BPS dan penyuluh pertanian pada panen raya ini diperoleh produksi rata-rata Gabah Kering Panen (GBK) sebesar 11 ton per hektare.

Baca juga:  Pj Sekda Muara Enim Pimpin Kerja Bakti Bersama Gerakan 1000 Masjid Bersih

Lebih Lanjut, Plt Bupati menambahkan melalui peluncuran program PPAUK ini diharapkan menjadi model atau percontohan bagi Petani maupun Gapoktan dalam berwirausaha guna meningkatkan nilai produk pertanian, sehingga mampu berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian kerakyatan, khususnya di pedesaan.

Selain itu, dirinya berharap semoga program ini dapat memberikan semangat bagi para petani untuk selalu mengembangkan budidaya pertanian, khususnya pangan untuk menjadi lebih baik dan memiliki nilai jual sehingga mampu bersaing di pasaran .

Baca juga:  Presiden Jokowi Hadiahi Firli Bahuri Bintang 4, MAKI: Layak Dapat Karena Prestasinya Jadi Ketua KPK

Turut hadir mendampingi Plt Bupati dalam kesempatan tersebut, di antaranya Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah, Sekretaris Daerah Muara Enim Yulius, dan Staf Khusus Bupati Bidang Kinerja Pemerintah, Reformasi Birokrasi dan BUMD Fachrurrozie Sjarkowi. (Aal/Prokopim-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *