oleh

Pj Sekda Muara Enim Pimpin Rapat Pembahasan Pasar Ramadhan Tahun 2023

MUARA ENIM, ENIMTV – Menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Riswandar menggelar rapat pembahasan penentuan lokasi Pasar Ramadhan Tahun 2023, di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda Muara Enim, Kamis (09/03/2023).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Ahmad Junaini mengungkapkan bahwa, lokasi terminal menurutnya semrawut dan saat ini banyak dipenuhi oleh box kontainer berukuran 2×2 meter yang dipergunakan oleh para pedagang.

Hal ini, kata Junaini, tentunya mengganggu fungsi terminal sebagai titik simpul penumpang atau sebagai titik naik dan turunnya penumpang kendaraan angkutan umum.

Baca juga:  Update 24 Juni 2020: Kasus Konfirmasi Positif COVID-19 di Indonesia Bertambah 1.113

Bukan tanpa alasan, dirinya juga mengingatkan aspek keselamatan bagi para penumpang kendaraan umum agar tidak turun di tepi jalan raya yang tentunya membahayakan keselamatan,

“Untuk itu kami menyarankan agar lokasi pasar Ramadhan di halaman Masjid Agung Muara Enim,” kata Junaini.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Junaini, perwakilan dari Satpol PP Saidina Umar juga menyarankan agar lokasi pasar ramadhan dipindahkan ke halaman Masjid Agung. Menurutnya, lokasi tersebut sangat strategis dan cocok untuk menjadi titik pasar Ramadhan.

Namun, Ahmad Safi’i selaku perwakilan pedagang pasar ramadhan yang ikut andil dalam rapat tersebut meminta agar pasar ramadhan  tetap terpusat di terminal.Pasalnya, dirinya mengatakan lokasi terminal kota ini sudah sangat strategis dan berkaca dari pasar ramadhan di tahun-tahun sebelumnya sangat efektif dalam menarik minat masyarakat untuk meramaikannya.

Baca juga:  Pererat Kerja Sama RI-UAE, Pemerintah Gelar Forum Bisnis 2021

Menanggapi masukkan dari para peserta rapat siang itu, Pj Sekda selaku pimpinan rapat menginstruksikan kepada jajarannya untuk terjun langsung menuju halaman parkir Masjid Agung dan Terminal Kota untuk memastikan sarana dan prasarana yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan lokasi pasar ramadhan tahun 2023 ini. Kemudian, untuk sama-sama dirembukkan lagi lalu segera sampaikan nota dinas untuk dilaporkan kepada Bupati Muara Enim.

Baca juga:  Pemkab-DPRD Muara Enim Tetapkan 12 Propemperda 2022

“Saya juga mengingatkan untuk jangan sampai nantinya ada pergesekan antara pedagang lama dan pedagang dadakan selama pasar ramadhan ini nantinya, kemudian saya minta Satpol PP untuk segera terjun ke Terminal guna menertibkan pedagang-pedagang yang menyalahi aturan yang telah disepakati agar tidak mengganggu fungsi terminal itu sendiri,” pungkasnya.

Hadir dalam rapat tersebut, antara lain Disperindag, Satpol PP, Dishub, BPKAD, Dinkop UKM,  Lurah Pasar I, UPTD Pasar Terminal serta perwakilan pedagang Pasar Ramadhan. (Aal/Diskominfo-ME)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *