oleh

PTBA Berbagi Pengalaman Soal Pengolahan Air Limbah

TANJUNG ENIM, ENIMTV – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menerima kunjungan kerja PT Pertamina Hulu Rokan dan Musim Mas Grup pada Jumat (3/2/2023). Kunjungan tersebut dalam rangka berbagi pengetahuan mengenai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Wetland yang sudah dibangun PTBA.

VP Layanan Operasi PTBA Samiaji Nugroho mewakili manajemen PTBA menyampaikan ucapan terima kasih dan menyambut baik kunjungan ini. Ia mengatakan, IPAL Wetland yang telah dibuat PTBA tentunya selaras dengan visi PTBA menuju perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan.

Baca juga:  Presiden Jokowi Minta Para Menteri Fokus Realisasikan Anggaran 2020 dan Belanja Anggaran 2021 di Awal Tahun

IPAL Wetland yang dimiliki PTBA sendiri dapat menyerap kandungan logam berat berupa Fe (besi) dan Mn (Mangan) dengan memanfaatkan tanaman akar wangi. Metode ini dapat memangkas biaya dan penggunaan bahan kimia. Selain itu, tanaman akar wangi yang digunakan untuk menyerap logam berat juga dapat diolah menjadi sumber biomassa untuk pupuk kompos.

Baca juga:  5 Tahun Beroperasi, Perusahaan Farm Broiler PT. Malindo Diduga Tak Kantongi Izin Penggunaan Jalan dan Lalaikan CSR 

“Semoga dengan diskusi dan kunjungan lapangan nanti, diharapkan bisa menambah ilmu pengetahuan dan pemahaman rekan-rekan sekalian,” ucapnya.

Pengelolaan operasional PTBA yang berkaitan dengan lingkungan hidup telah sesuai dengan standar internasional. Hal ini ditandai dengan sertifikasi ISO 14001:2015 Lingkungan yang dipegang Perusahaan.

Sementara itu, Ronel Sitompul mewakili Pertamina Hulu Rokan mengucapan terima kasih atas sambutan hangat dari PTBA terkait kunjungan lapangan ke IPAL Wetland PTBA. Perwakilan dari Musim Mas Grup serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga menyampaikan hal senada.

Baca juga:  Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Lancar, Kapolres Muara Enim Kunjungi Kantor KPU dan Gudang Logistik

“Kunjungan kerja lapangan ini sehubungan dengan rencana pembangunan Wetland oleh Musim Mas Grup dan PT Pertamina Hulu Rokan,” ungkapnya. (Aal/Humas PTBA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *