oleh

Ciptakan Suasana Baik Dalam Lapas, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Apresiasi Kalapas Muara Enim

MUARA ENIM, ENIMTV – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dr. Ilham Djaya melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muara Enim, Selasa (31/1/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka penguatan tugas dan fungsi kepada jajaran pegawai Lapas Muara Enim dan Kantor Imigrasi Muara Enim.

Mengawali kegiatan, Kalapas Muara Enim Herdianto terlebih dahulu menjelaskan kepada Kakanwil Kemenkumham Sumsel terkait kondisi terkini di Lapas Muara Enim.

Saat ini Lapas Muara Enim dihuni oleh 1.234 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Sementara WBP yang telah memiliki NIK berjumlah 1.032 orang.

Baca juga:  Pelaporan Perlindungan Anak Terbaik di Sumsel, Pemkab Muara Enim Raih Anugerah KPAI 2022

“Jumlah petugas sebanyak 87 orang, di antaranya Petugas Pengamanan (Rupam)  yang berjumlah 38 orang,” jelas Herdianto.

Sementara itu, Kakanwil Ilham Djaya dalam arahannya mengapresiasi Kalapas Muara Enim yang sudah menciptakan suasana yang baik di dalam Lapas.

“Saya masuk Lapas Muara Enim ini suasananya bagus, indah, dan kekinian. Kondisi ini mencerminkan siapa pengendalinya, pengendali itulah yang menentukan Lapas,” ujar Kakanwil.

Lebih lanjut, Kakanwil mengimbau seluruh jajaran untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas. Hal ini tertuang dalam UU Pemasyarakatan, di mana Kamtib merupakan tanggung jawab Kalapas.

Baca juga:  Trauma Healing, Duta Literasi Sumsel Kunjungi Anak-anak Korban Kebakaran Pasar Bawah Lahat

Kemudian, Kakanwil turut mengingatkan seluruh jajaran Lapas MUara Enim untuk bekerja sesuai SOP.

“Banyak saya temui orang yang hanya bekerja saja, akan tetapi tidak paham dengan pekerjaanya. Untuk itu, pahami SOP dengan baik dan ciptakan inovasi-inovasi untuk kemajuan organisasi,” tutur Kakanwil.

Kakanwil turut menyoroti pelaksanaan Pembinaan, Monitoring, Pengawasan, dan Pengendalian (Bintorwasdal) di Lapas Muara Enim.

Menurutnya, Bintorwasdal ini merupakan wujud dari penataan tata laksana yang penting untuk dilakukan agar senantiasa tercipta kondisi Lapas yang kondusif dan mampu melaksanakan pembinaan secara optimal sekaligus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Baca juga:  Ditinggal Istri, Ayah di Muara Enim Setubuhi Anak Kandung

“Saya berpesan untuk bekerjalah dengan semangat, jaga kekompakan, dan jauhi hal-hal yang dapat merugikan kita, terutama narkoba, Semoga yang kita diskusikan hari ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” harap Kakanwil.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil juga meninjau Balai Latihan Produktif Lapas Muara Enim, yakni Laundry, Pengelasan Listrik, Menjahit, Produksi Batik, dan Handycraft.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kanim Kelas II Non TPI Muara Enim Misnan, Pejabat Struktural Lapas Muara Enim dan Kanim Muara Enim, serta seluruh jajaran pegawai Lapas Muara Enim. (Aal/Humas Lanim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *