Jumat Curhat di Desa Muara Lawai, Kapolres Muara Enim Dengarkan Keluhan Masyarakat

Berita, Daerah100 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Jajaran Polres Muara Enim Polda Sumsel melaksanakan kegiatan Jumat Curhat di Kantor Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim, Jumat, 6 Januari 2023.

Hadir langsung dalam kegiatan Jumat Curhat tersebut, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, S.H., S.I.K., M.H., para Kasat, Kasi, dan sejumlah personel Polres Muara Enim.

Kedatangan Kapolres Muara Enim beserta jajarannya itu disambut oleh Kepala Desa Muara Lawai Edi Wanseri, Perangkat Desa, dan masyarakat Desa Muara Lawai.

Kegiatan dibuka dengan penyampaian dari Kapolres Muara Enim terkait Jumat Curhat yang rutin dilaksanakan oleh Polres Muara Enim, dengan tujuan untuk mendengar langsung keluhan-keluhan masyarakat.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi dialog, di mana masyarakat bisa menyampaikan keluhan, masukan, saran, maupun pertanyaan langsung kepada Kapolres Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi menjelaskan bahwa, kegiatan Jumat Curhat merupakan program rutin Kapolri yang sudah sejak lama dilaksanakan dan mendapat apresiasi dari masyarakat.

Baca juga:  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Adakan Pelatihan Penguatan Pemerintah Desa dan Kecamatan

“Kemudian, sesuai dengan perintah dari bapak Presiden, untuk Jumat Curhat ini dilaksanakan secara serentak setiap hari Jumat,” jelas Kapolres saat diwawancara awak media usai kegiatan, Jumat (6/1).

Lebih lanjut, Kapolres mengungkapkan bahwa, dari kegiatan Jumat Curhat yang sudah berlangsung dari minggu ke minggu ini, banyak sekali keluhan-keluhan masyarakat.

“Sehingga memang kita rasakan dari Jumat Curhat ini, kita bersilaturahmi dengan masyarakat, itu sangat positif sekali,” ungkapnya.

Kendati demikian, Kapolres mengakui bahwa terkadang keluhan-keluhan masyarakat itu tidak hanya terkait bidang tugas sebagai anggota Polri. Misalnya, seperti hari ini ada masalah jalan di Dusun 4 Desa Muara Lawai yang sudah berlubang, tapi belum diaspal oleh Pemerintah Daerah.

“Itu akan kita sampaikan, kita akan cek hari ini dan fasilitasi kepada Pemda. Mudah-mudahan dalam waktu singkat bisa dilakukan pengaspalan, sehingga masyarakat yang mau beraktivitas bisa melewati jalan itu dengan baik tanpa ada keterlambatan ataupun risiko-risiko dalam perjalanan,” terang Kapolres.

Baca juga:  Sudah P21, Enam Simpatisan KAMI Pelaku Pengeroyokan Terhadap Anggota Polri Segera Disidang

Kapolres berharap melalui Jumat Curhat ini, semua keluhan-keluhan yang didengarkan, dapat lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat,

“Kita harapannya lebih dekat lagi, mengakrabkan diri dengan masyarakat, sehingga tingkat kepercayaan Polri di tengah-tengah masyarakat itu betul-betul bisa terbangun lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Muara Lawai Edi Wanseri mengapresiasi kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan oleh Polres Muara Enim.

“Kegiatan Jumat Curhat ini sangat bermanfaat kalau bagi kami, karena masyarakat bisa mengutarakan langsung keluhan-keluhan yang ada, mungkin yang selama ini belum tersampaikan kepada kami selaku Pemerintah Desa,” ujar Edi.

Menurut Edi, dengan adanya Jumat Curhat ini juga masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan Kapolres Muara Enim.

Baca juga:  Miliki 9 Paket Sabu, Warga Lawang Kidul Ini Diringkus Polisi

“Jadi manfaatnya sangat besar dan juga di situ ada yang menjadi catatan atau atensi pak Kapolres, untuk disampaikan kepada Pemerintah Daerah, kalau yang selama ini seolah-olah terkesan ada kelambatan ataupun ada hal-hal yang tidak terselesaikan,” tuturnya.

Edi juga mengatakan bahwa, apresiasi dari masyarakat terhadap kegiatan Jumat Curhat ini sangat luar biasa.

“Karena mereka ingin kenal dengan pejabat-pejabat Polres setingkat pak Kapolres. Kan selama ini belum pernah terjadi, pak Kapolres itu berkunjung berinteraksi langsung dengan masyarakatnya, ini respon terbaik bagi masyarakat,” katanya.

“Insya Allah mudah-mudahan akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri di masa yang akan datang,” tutup Edi.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolres Muara Enim menyosialisasikan kembali Nomor WhatsApp Bantuan Polisi Polda Sumsel dan menyerahkan bantuan beras untuk masyarakat. (Aal)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *