3 Kali Dipenjara, Residivis Kasus Pencurian di Muara Enim Kembali Ditangkap Polisi

MUARA ENIM, ENIMTV – Sudah tiga kali ‘menginap’ di hotel prodeo, ternyata belum membuat jera Lipra Diansyah alias Kipli (28), warga Desa Jemenang, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim, untuk kembali melakukan aksi pencurian.

Residivis 3 kasus pencurian berbeda itu ditangkap oleh Tim Kelabang Polsek Rambang Dangku Polres Muara Enim Polda Sumsel pada Senin (2/1/2023).

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kapolsek Rambang Dangku AKP Marwan didampingi Kasi Humas Iptu RTM Situmorang menjelaskan, kronologi pencurian tersebut terjadi pada Selasa, 27 Desember 2022 sekira pukul 08.00 WIB, di belakang rumah korban Evi Niarti (42), di Desa Jemenang.

“Kejadian bermula ketika anak korban baru bangun tidur di rumah bagian belakang, kemudian dia langsung menuju ke depan rumah. Begitu hendak ke depan rumah, ternyata sepeda motor tersebut sudah tidak ada lagi,” jelas Marwan dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Rabu (4/1).

Baca juga:  Sambangi Warga Tegal Rejo, Polisi RW Bripka Flori Sampaikan Pesan Kamtibmas

Lebih lanjut, Marwan menerangkan, anak korban lalu menghubungi keponakannya dan memberitahu kepada korban bahwa sepeda motor sudah hilang,

“Anak korban dengan keponakannya sempat mencari, tetapi sepeda motor tersebut tidak ditemukan,” terangnya.

Akibat kejadian tersebut, korban yang mengalami kerugian sebesar lebih kurang Rp25 juta, melaporkan peristiwa pencurian yang dialaminya ke Polsek Rambang Dangku untuk ditindaklanjuti.

Setelah menerima laporan korban, Kapolsek Rambang Dangku AKP Marwan, memerintahkan Tim Kelabang Unit Reskrim Polsek Rambang Dangku yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Ipda Ahmad Bella untuk melakukan penyelidikan.

“Dari hasil penyelidikan, kita mendapat informasi bahwa yang diduga melakukan pencurian tersebut adalah tersangka Lipra Diansyah alias Kipli (28), warga desa setempat. Sementara sepeda motor curian tersebut berada di rumah tersangka Arsi (35), warga Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Gunung Megang,” jelas Marwan.

Baca juga:  Tempat Hiburan Malam Cafe Rahmat & Hello Kitty Resmi Ditutup

Mendapat informasi tersebut, Tim Kelabang melakukan penangkapan terhadap tersangka Lipra Diansyah alias Kipli di Desa Jemenang.

“Setelah tertangkap, tersangka Lipra Diansyah alias Kipli mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian tersebut dan sepeda motor tersebut disimpan di rumah tersangka Arsi di Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Gunung Megang,” tutur Marwan.

Selanjutnya, Tim Kelabang melakukan pencarian dan berhasil menemukan sepeda motor tersebut di rumah tersangka Arsi, namun tersangka Arsi tidak ada dirumahnya.

“Pelaku beserta barang bukti sudah kita amankan di Polsek Rambang Dangku untuk diproses lebih lanjut. Sedangkan tersangka Arsi masih dalam pencarian,” jelas Marwan.

Adapun barang bukti yang diamankan, yaitu 1 unit sepeda motor Honda Sonic warna merah putih milik korban yang catnya sudah diganti menjadi warna hitam, 1 lembar STNK sepeda motor Honda Sonic warna merah putih, dan 2 buah kunci kontak sepeda motor Honda Sonic warna merah putih.

Baca juga:  Tingkatkan Sinergitas, Kapolres Muara Enim Silaturahmi dengan Awak Media

Marwan menyampaikan bahwa, tersangka Lipra Diansyah alias Kipli merupakan residivis dalam perkara pencurian sebanyak 3 kali dan telah dihukum penjara sebelumnya.

“Pertama, perkara pencurian dengan kekerasan di Desa Air Limau, Kec. Rambang Niru tahun 2014, dihukum penjara selama 5 tahun. Kedua, perkara pencurian dengan pemberatan di Desa Muara Niru, Kec. Empat Petulai Dangku tahun 2016, dihukum penjara selama 3 tahun 6 bulan. Ketiga, perkara pencurian biasa di Desa Muara Niru, Kec. Rambang Niru tahun 2020, dihukum penjara selama 2 tahun 6 bulan,” pungkasnya. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *