oleh

Pj Sekda Ajak Guru PAUD dan TK se-Kabupaten Muara Enim Bangkitkan Kembali Kebiasaan Mendongeng

MUARA ENIM, ENIMTV – Orang tua pada zaman dahulu membuat perumpamaan melalui cerita atau dongeng tentang hewan untuk menyampaikan pesan dan nasihat kepada anak-anaknya. Namun, di era perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, budaya tersebut sudah mulai luntur.

Untuk itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim H. Riswandar mengajak para Guru PAUD dan TK se-Kabupaten Muara Enim untuk membangkitkan kembali kebiasaan mendongeng (story telling).

Ajakan tersebut diucapkan langsung oleh Pj Sekda saat membuka kegiatan Sosialisasi Bercerita Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Selasa (01/11/2022).

Baca juga:  Destinasi Wisata Edukasi Lembah Sri Dewi Diresmikan, Kadin Pariwisata Muara Enim: Terus Kembangkan dan Lakukan Inovasi

Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Muara Enim.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Bunda Literasi sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari dan Tenaga Pencerita Provinsi Sumatera Selatan Slamet Nugroho.

Dalam sambutannya, Pj Sekda mengatakan kegiatan sosialisasi bercerita ini adalah momentum yang tepat dalam meningkatkan pengetahuan, bagi Guru PAUD dan TK untuk membentuk karakter anak yang kokoh, tegar, dan mandiri dalam menghadapi tantangan di zaman global sekarang ini.

Baca juga:  Gagal Curi Motor, Pemuda di Muara Enim Diringkus Polisi

“Kegiatan bercerita yang dilakukan Bunda Literasi, Guru PAUD dan TK hari ini tidak hanya sekadar bercerita belaka, namun mengandung pesan bagaimana menceritakan suatu kisah atau legenda kepada para orang tua dan guru, agar senantiasa membudayakan kebiasaan membacakan buku bagi anak-anaknya,” kata Riswandar.

Di samping itu, Pj Sekda yang hadir didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Panca Surya Diharta, berharap kepada jajaran Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Muara Enim yang diketuai oleh Hj Titit Susanti, agar dapat terus meningkatkan etos kerja yang representatif, tetap bersemangat, bisa bekerja sama dan bermitra secara sinergis.

Baca juga:  Vaksinasi Warga Binaan Lapas Muara Enim Capai 100%

“Baik dengan pemerintah maupun dengan masyarakat tanpa terkecuali terkait story telling ini, karena ini penting,” ujarnya.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, di antaranya para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Ketua DWP Kabupaten Muara Enim, jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, serta penggiat literasi Kabupaten Muara Enim. (Aal/Diskominfo-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *