oleh

Polres Muara Enim Gelar Operasi Zebra Musi 2022, 7 Pelanggaran Ini Akan Ditindak

MUARA ENIM, ENIMTV – Polres Muara Enim menggelar Operasi Zebra Musi tahun 2022 mulai hari ini, Senin (3/10/22).

Operasi Zebra Musi 2022 dilaksanakan selama 14 hari, terhitung dari 3 s.d. 16 Oktober 2022.

Dimulainya operasi tersebut ditandai dengan penyematan pita oleh Kapolres Muara Enim, kepada perwakilan personel pada Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Musi 2022, di Lapangan Mapolres Muara Enim.

Dalam apel tersebut, Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto, S.I.K., M.Si. membacakan amanat tertulis Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto.

“Dalam Operasi Zebra tahun ini, kita mengedepankan giat edukatif dan persuasif, serta humanis dan didukung penegakan hukum secara elektronik/teguran,” ujar Kapolres.

Baca juga:  Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Kota Yogyakarta

Kapolres menjelaskan, terdapat 7 pelanggaran yang menjadi prioritas penegakan hukum pada Operasi Zebra Musi 2022 ini, antara lain sebagai berikut:

1. Pengemudi/Pengendara Ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara;
2. Pengemudi/Pengendara Ranmor yang masih di bawah umur;
3. Pengemudi/Pengendara Sepeda Motor yang berboncengan lebih dari 1 orang;
4. Pengemudi/Pengendara Sepeda Motor yang tidak menggunakan helm SNI dan Pengemudi/Pengendara Ranmor yang tidak menggunakan Safety Belt;
5. Pengemudi/Pengendara Ranmor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol;
6. Pengemud/Pengendara Ranmor yang melawan arus;
7. Pengemudi/Pengendara Ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Baca juga:  Tinjau Vaksinasi Door to Door di Klaten, Presiden Ingin Pastikan Vaksinasi COVID-19 Massal Berjalan di Tanah Air

Kapolres berharap dengan dilaksanakannya Operasi Zebra Musi 2022 ini, kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas akan meningkat, serta bisa menurunkan angka pelanggaran maupun fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Kepada masyarakat, mari bersama-sama untuk lebih tertib berlalu lintas, siapkan semuanya, kendaraan, fisik, surat-surat, taati aturan-aturan yang ada selama berlalu lintas, sehingga kita bersama bisa menyelamatkan anak bangsa,” tutupnya.

Ditambahkan oleh Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Suwandi didampingi Kasi Humas Iptu RTM Situmorang, bahwa dalam pelaksanaan Operasi Zebra Musi 2022 ini diutamakan edukatif memberi imbauan kepada masyarakat untuk taat berlalu lintas.

Baca juga:  Soal Hanyutnya Sebagian Konstruksi Jembatan di Desa Srigeni, Ketua Umum PUKAD OKI Ikut Angkat Bicara

“Harapan saya sebagai Kasat Lantas Polres Muara Enim, tentunya dengan adanya Operasi Zebra ini mudah-mudahan tingkat kecelakaan dan masyarakat yang melanggar dalam berlalu lintas dapat berkurang,” ujar Kasat Lantas.

Kasat Lantas menyampaikan terkait titik Operasi Zebra kali ini, akan difokuskan di dalam kota dan khususnya di jalan lintas.

“Supaya nanti bisa termonitor kegiatan-kegiatan dalam Operasi Zebra ini,” pungkasnya. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *