oleh

Polres Lahat Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi 2022 

LAHAT, ENIMTV — Polres Lahat pada Jumat (22/4/2022) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Musi Tahun 2022.

Hadir dalam apel tersebut di antaranya Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, M.M., Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, S I K., Dandim 0405 Lahat Letkol Inf Toni OKI Priyono, S.I.P., Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Kasat Pol PP, Kadinkes, BPBD, Kepala PU Bina Marga Lahat, Kepala Jasa Raharja Lahat, DLLAJ Lahat, LDII, dan tamu undangan lainnya.

Ops Ketupat Musi dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022 berlangsung selama 12 hari, terhitung dari tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei 2022, dengan tema “Wujud Sinergi Polri dengan Instansi Terkait untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H.

Baca juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, PTBA Bagikan 1500 Masker Gratis

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bahwa Polri dengan dukungan dari TNI, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya fokus pengamanan masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara.

“Dengan adanya berbagai permasalahan menjelang pada saat pasca Idul Fitri 1443 H tahun 2022 harus diantisipasi, kita harus bergandengan tangan, bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat Muslim dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan khusuk dan puncaknya pada perayaan Idul Fitri serta masyarakat yang mudik dapat berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Baca juga:  Tak Mau Cerai, Suami di Lahat Habisi Nyawa Istri

Berdasarkan Mapping kerawanan yang telah dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme, premanisme, aksi sweping oleh ormas, kenaikan harga dan kelangkaan bahan pokok, kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19 maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

“Adapun beberapa penekanan yang harus dipedomani oleh seluruh anggota dan yang terkait dalam pelaksanaan Ops Ketupat Musi 2022 meliputi, jaga stamina, laksanakan tugas dengan proporsional, lakukan deteksi terhadap dinamika yang berkembang, gelar kekuatan Polri di setiap pos, lakukan koordinasi dengan yang terkait, satgas pangan agar benar-benar memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan pokok dan pengendalian harga, dan mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat,” ujar Haryanto.

Baca juga:  Panglima TNI Mutasi dan Promosi Jabatan 114 Perwira Tinggi, Ini Nama-Namanya

Seusai apel gelar pasukan Ops Ketupat Musi 2022, kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Forkopimda dalam rangka menjelang dan pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1443 H. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *