oleh

5 Hari Terendam Banjir, 459 Jiwa di Tanah Mas Banyuasin Terancam Kelaparan

BANYUASIN, ENIMTV – Setelah lima hari terendam banjir, hari ini Sabtu, 16 April 2022, air yang menggenangi rumah warga di Perumahan Alghony Residen, Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Talang Kelap, Kabupaten Banyuasin sudah surut.

Kendati air sudah surut, namun masih menyisakan puing-puing sampah yang hanyut terbawa arus air dan sisa-sisa air masih sedikit menggenangi pemukiman warga.

Walaupun di Perumahan Alghony Residen Tahap II masih tergenang air, tetapi tidak separah beberapa hari lalu. Akibat banjir ini, tercatat ada 115 Kepala Keluarga atau sekitar 459 jiwa masih terjebak genangan air yang diakibatkan diguyuri hujan deras, Senin 11 April lalu.
Namun di tahap 2 di Perumahan Alghony Resident tersebut masih digenangi air walau tidak separah beberapa hari lalu.

Baca juga:  Bupati dan Wabup Banyuasin Tinjau Titik Banjir di Sejumlah Kelurahan

Untuk diketahui, awal terjadinya banjir, Bupati Banyuasin H. Askolani meninjau langsung bahkan sempat menolong anak-anak yang terjebak di rumahnya yang kebanjiran. Namun lama-kelamaan warga mulai kesulitan dengan kebutuhan sehari-hari mengingat belum bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya, ratusan jiwa tersebut sangat membutuhkan uluran tangan para dermawan terutama pihak Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Sariman selaku Ketua RT 48 RW 02 Kelurahan Tanah Mas, mengatakan pada kunjungan pak Bupati waktu itu beliau tidak mengatakan apapun terutama tentang bantuan kebutuhan sehari-hari terutama Sembako,

Baca juga:  Pemkab Banyuasin Gandeng PGN, Warga Kecamatan Takel Bakal Nikmati Jargas

“Memang waktu itu ada bantuan 50 kotak nasi, namun bantuan lainnya belum ada,” ujar Sariman, Jumat 15 April 2022.

“Kalau posko memang sudah didirikan awal banjir, saat ini kami membutuhkan untuk makan sehari-hari pak, terutama bagi anak-anak, apalagi ini bulan Ramadhan, tolong pak Bupati bantulah kami ini, kami tahu pak Bupati Banyuasin orang baik dan suka membantu masyarakatnya yang kesusahan,” harapnya.

Dijelaskan Sariman, waktu itu ada bantuan, namun untuk perumahan di sebelahnya ada bahan pokok dan uang.

Baca juga:  Dimulai Hari Ini, Vaksinasi Pelayan Publik Banyuasin Diikuti Ribuan ASN

“Padahal mereka terkena banjir tidak parah seperti di perumahan kami ini,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, kemarin sore, Jumat 15 April 2022, Camat Talang Kelapa (Takel), Aripin Nasution, meninjau langsung sekaligus memberikan bantuan 100 nasi bungkus untuk warga yang terdampak banjir. Sementara Lurah Tanah Mas memberikan bantuan 30 dus air mineral. Warga masih mengharapkan bantuan Bupati Banyuasin.

Ketika permasalahan warga Perumahan Alghony Residen ini dikonfirmasikan kepada Camat Talang Kelapa, Aripin Nasution melalui pesan singkat WhatsApp pukul 14.06 WIB hingga berita ini ditayangkan belum ada tanggapan dari beliau. (SMSI Banyuasin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *