oleh

Maling Dompet di Perumahan Guru SMPN 1 Mulak Sebingkai, Andrek Diciduk Polisi

LAHAT, ENIMTV – Andrek Pebrianto bin Hartoni (25), warga Desa Jadian Lama, Kecamatan Mulak Sebingkai, Kabupaten Lahat ditangkap polisi akibat aksinya nekat mencuri tas milik guru honorer di perumahan guru SMP 1 Desa Padang Bindu, Kecamatan Mulak Sebingkai.

Hal itu terungkap setelah korban Riza Octa Nurvarina (32), guru honorer di sekolah tersebut melaporkan peristiwa kehilangan yang ia alami ke Polsek Mulak Ulu, berdasarkan LPB/01/III/2022/SUMSEL/RES LHT/SEK MULAK ULU, tanggal 7 Maret 2022.

Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, S.I.K. melalui Humas Aiptu Lispono menjelaskan kronologi pencurian tersebut terjadi pada Selasa, 1 Maret 2022 sekira pukul 09.00 WIB di perumahan guru SMPN 1 Mulak Sebingkai Desa Padang Bindu.

Baca juga:  Pemkab Lahat Launching Aplikasi Tapping Box, Bupati Cik Ujang Berharap PAD Dapat Meningkat 30%

“Pelaku telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan, dengan cara mengambil 1 (satu) buah dompet kulit warna coklat merk Sophie Martin Paris milik pelapor yang berisikan uang tunai Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah), 5 (lima) buah buku tabungan beserta kartu ATM, 2 (dua) pasang antingan emas, 1(satu) lembar STNK sepeda motor dan 1 (satu) kalung emas bentuk padi,” jelas Lispono kepada awak media, Sabtu (12/3/2022).

Pelaku melancarkan aksinya dengan cara mencongkel pintu belakang rumah korban menggunakan paku sepanjang sekira sejengkal. Selanjutnya pelaku masuk ke dalam rumah korban lalu mengambil dompet yang ada di samping TV di ruang tengah rumah.

Baca juga:  Aniaya Istri, Juliansyah Ditangkap Satreskrim Polres Lahat

“Tersangka menarik uang yang ada di dalam tabungan milik pelapor sejumlah Rp3.335.000,- (tiga juta tiga ratus tiga puluh lima ribu rupiah) dengan cara menggunakan kartu ATM yang ada di dalam dompet tersebut pada BRILink, yang mana kebetulan nomor PIN tertempel pada masing-masing kartu ATM, sehingga menimbulkan kerugian materiil bagi korban sejumlah sekira Rp10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dan melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Mulak Ulu,” jelas Lispono.

Setelah mendapatkan laporan dari korban, atas perintah dari Kapolsek Mulak Ulu AKP Arman P. Nasution, Unit Reskrim Polsek Mulak Ulu yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Aipda Eki Prima akhirnya berhasil menangkap pelaku pada Jumat, 11 Maret 2022 sekira pukul 15.00 WIB, bertempat di Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Mulak Sebingkai, Kabupaten Lahat.

Baca juga:  Kapolres Lahat Berikan Penghargaan Kepada 76 Anggotanya yang Berprestasi

Selain menangkap pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa dompet kulit milik korban, berisi tiga kartu ATM, lima buku tabungan, satu lembar STNK sepeda motor, satu pasang antingan emas, satu kalung emas berbentuk padi dan tiga lembar struk bukti penarikan uang milik korban pada dua lokasi BRILink.

“Tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Polsek Mulak Ulu untuk menjalani diproses hukum lebih lanjut,” tutup Lispono. (Endi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *