oleh

2 SD Binaan PT PAMA Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional 2021

MUARA ENIM, ENIMTV – Dua Sekolah Dasar (SD) yang merupakan binaan dari PT Pamapersada Nusantara (PAMA) Jobsite MTBU dianugerahi penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional tahun 2021, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

SDN 6 Lawang Kidul mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri 2021, pencapaian tertinggi dalam proses menjadi Sekolah Adiwiyata. Sedangkan untuk SDN 4 Lawang Kidul menerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2021.

Kepala SDN 6 Lawang Kidul, Juniati, S.Pd., M.Si. mengatakan SDN 6 Lawang Kidul yang sebelumnya bernama SDN 26, telah mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional pada masa kepemimpinan Ibu Rustiawati.

“Saya hanya melanjutkan program-program yang telah ada dari Ibu Rustiawati,” kata Juniati kepada awak media, usai menyaksikan acara Penganugerahan Penghargaan Adiwiyata 2021 di Jakarta, yang diikuti secara virtual dari Ruang Rapat Bupati Muara Enim, Jumat (24/12/2021).

Juniati mengungkapkan bahwa penghargaan Adiwiyata Mandiri ini bisa diraih berkat kerja keras semua pihak, mulai dari kepala sekolah, dewan guru, staf, paguyuban dan stakeholder terkait.

Baca juga:  Presiden Jokowi Resmikan Lintas Bawah Bandara YIA

“Saya berterima kasih kepada PT PAMA yang selalu mensupport seluruh sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Lawang Kidul, sehingga SDN 6 Lawang Kidul bisa mendapatkan Adiwiyata Mandiri, jadinya itu adalah kerja tim,” ujarnya.

SDN 6 Lawang Kidul membuat berbagai inovasi sehingga bisa mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri 2021. Beberapa inovasi tersebut di antaranya inovasi kepala sekolah berupa pembuatan ikan bakar dan inovasi guru dan siswa berupa pembuatan pupuk cair.

Juniati mengajak SD-SD yang ada di Kabupaten Muara Enim, khususnya di Lawang Kidul untuk bergerak maju agar bisa mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat Mandiri.

“Ayo kita bergerak agar kita bisa menjadi Adiwiyata Tingkat Mandiri atau minimal kita mendapat Sekolah Adiwiyata, karena Sekolah Adiwiyata itu adalah sekolah peduli lingkungan,” ajaknya.

Baca juga:  Madrasah Terpadu Pertama di Indonesia Akan Dibangun di Muara Enim

Sementara itu, Departement Head of Social Responsibility and General Services (SRGS) PT Pamapersada Nusantara Jobsite MTBU, Arif Cahyadi menyampaikan ucapan selamat kepada SDN 6 dan SDN 4 Lawang Kidul yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata 2021.

“Kami dari PT Pamapersada Nusantara melalui Corporate Social Responsibility (CSR) memang mempunyai beberapa program, salah satunya adalah di bidang lingkungan maupun pendidikan. Dan ini merupakan komitmen kami, di mana pun Jobsite PAMA berada,” jelas Arif kepada awak media.

“Ini adalah sumbangsih dan pengabdian kami kepada masyarakat, terutama untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia-nya,” tambahnya.

PT PAMA telah melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap Sekolah Adiwiyata ini dari tahun 2016, khususnya dua sekolah yang mendapatkan penghargaan tersebut.

“Dan Alhamdulillah dua-duanya berprestasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan bahwa saat ini PT PAMA sedang melakukan pembinaan terhadap 28 sekolah yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Kalapas Muara Enim Beri Arahan Monev Akhir Tahun

“Untuk tahun ini, kemarin kita ajukan 9 sekolah dan Alhamdulillah dari 9 sekolah ini, 1 mendapatkan Adiwiyata Nasional dan 1 lagi mendapatkan Adiwiyata Mandiri,” jelasnya.

Untuk diketahui, SDN 6 Lawang Kidul merupakan satu-satunya sekolah di Sumsel yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2021.

“Yang kami lakukan tentunya melakukan pendampingan, sosialisasi, penyuluhan, dan juga ikut serta bersama dengan komponen sekolah masing-masing melakukan kegiatan-kegiatan seperti penanaman pohon, pembuatan biopori, dan semua aktivitas yang memang itu menjadi bagian komponen dari penilaian Adiwiyata ini,” sambungnya.

Arif berharap agar PT PAMA terus diizinkan untuk berada di tengah-tengah masyarakat Muara Enim dan terus bisa berkontribusi positif terhadap dunia pendidikan dan dunia lingkungan hidup di Bumi Serasan Sekundang ini.

“Kami dari PT Pamapersada Nusantara tentunya terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif,” tutupnya. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *