oleh

Polres Lahat Gelar Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pilkades Pengamanan Serentak Tahun 2021

LAHAT, ENIMTV – Polres Lahat pada hari ini, Rabu (08/12/2021) pukul 09.00 WIB bertempat di Lapangan Apel Polres Lahat, telah melaksanakan apel pergeseran pasukan dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2021 di Kabupaten Lahat.

Pilkades serentak yang diikuti oleh 235 desa di Kabupaten Lahat ini akan dilaksanakan pada 9 Desember 2021.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K.

Hadir dalam giat tersebut antara lain Wakapolres Lahat Kompol Feby Febiyana, S.I.K., seluruh PJU Polres Lahat, para Kapolsek, perwira dan seluruh anggota yang terlibat pengamanan TPS.

Baca juga:  Arus Balik Lebaran 2021 Normal, Kakorlantas: Masyarakat Memilih Pulang Secara Bertahap

Dalam amanatnya, Kapolres Lahat menyampaikan bahwa apel pergeseran pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana, serta mengecek kekuatan yang akan digunakan dalam pengamanan Pilkades, baik yang terjun langsung di TPS maupun peleton inti yang standby di masing-masing zona, sehingga bila terjadi adanya gangguan Kamtibmas segera bisa diatasi.

Berdasarkan amanat UU tentang pemerintahan desa dan pemilihan kepala desa, pilkades serentak merupakan wujud keikutsertaan warga desa dalam penyelenggaraan pemerintah tingkat desa, dan merupakan sarana demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat.

Baca juga:  Dukung PPKM Darurat, Kapolri Perintahkan Jajaran Siapkan Strategi Penyekatan

“Dan perlu kita pahami bersama pada pelaksanaan pilkades serentak terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius untuk diantisipasi sejak dini, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkades serentak,” ujar Kapolres.

Kapolres Lahat berpesan kepada personel yang terjun langsung ke TPS agar tetap waspada dan dapat memastikan bahwa TPS yang dijaga dalam keadaan aman terkendali.

“Jangan merepotkan panitia Pilkades setempat, persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas, tampilkan yang terbaik, jangan melakukan pelanggaran dan ikhlas dalam pelaksanaan tugas, serta tetap laksanakan protokol kesehatan yang sudah ditentukan pemerintah,” pesannya.

Baca juga:  Cegah Hoax Selama Pilkada 2020, Polri Tingkatkan Patroli Siber

Setelah pelaksanaan apel pergeseran pasukan, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan antigen kepada personel yang terlibat langsung ke TPS, guna memastikan anggota dalam keadaan sehat dan tidak dalam keadaan terpapar Covid-19.

Mengakhiri amanatnya, Kapolres mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh personel baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan pengamanan, untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta menyukseskan Pilkades serentak di Kab. Lahat. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *