oleh

Pilkades Serentak 106 Desa di Kabupaten Muara Enim Digelar Hari Ini, Ini Daftarnya

MUARA ENIM, ENIMTV – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 106 Desa dalam 20 kecamatan di Kabupaten Muara Enim digelar pada hari ini, Kamis, 14 Oktober 2021.

“398 calon Kepala Desa akan mengikuti Pilkades Serentak di 106 desa ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Drs. Rusdi Khairullah saat diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (12/10/2021).

Rusdi mengatakan dalam penyelenggaraan Pilkades ini terdapat 4 tahapan, sesuai dengan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri No. 112 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa.

“Tahapan pertama adalah persiapan, ini sudah kita laksanakan di bulan Juni 2021 lalu, diawali dengan launching, kemudian rapat koordinasi stakeholder yang terkait dengan kegiatan penyelenggaraan Pilkades ini,” katanya.

Tahapan kedua, jelas Rusdi, adalah tahap pencalonan. Pada tahap pencalonan ini ada sub-sub tahapan. Sub-tahapan yang pertama adalah pengumuman dan pendaftaran bakal calon.

“Jadi mereka ini diawali dengan pendaftaran bakal calon, kemudian sudah masuk pendaftaran ini dilakukan penelitian kelengkapan persyaratan administrasi oleh panitia Pilkades. Kemudian juga dilakukan seleksi terhadap bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang. Karena ada ketentuan bahwa calon Kepala Desa itu minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Jadi terhadap calon yang mendaftarkan diri yang telah memenuhi syarat lebih dari 5 orang itu dilaksanakan seleksi tambahan. Kalau kita di Muara Enim dilakukan seleksi dengan menggunakan aplikasi SIMPAPDES,” jelasnya.

Rusdi menuturkan, setelah dilakukan penetapan calon Kepala Desa, kemudian dilakukan pengumuman nama calon Kepala Desa ke publik, secara bersamaan juga dilakukan pendataan mata pilih, pengumuman daftar mata pilih sementara, dan pengumuman daftar mata pilih tetap.

Baca juga:  Peringati Maulid Nabi di Tanjung Agung, Juarsah Ajak Masyarakat Teladani Sifat Rasulullah

“Jadi saat ini calon-calon yang 398 orang itu sudah calon yang ditetapkan untuk mengikuti tahapan berikutnya, yakni tahapan pemungutan suara yang Insya Allah akan dilaksanakan hari Kamis tanggal 14 Oktober 2021 mendatang,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rusdi mengatakan pada tahapan ketiga yaitu tahapan pemungutan suara ini juga terdapat sub-sub tahapan.

“Ada tahapan pelaksanaan pemungutan suara pada Hari H yaitu 14 Oktober, kemudian di hari itu juga dilakukan penghitungan suara yang dilaksanakan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh KPPSD. Setelah pemungutan suara berakhir, membuat berita acara penghitungan suara yang ditandatangani oleh Ketua KPPSD dan sekurang-kurangnya 2 anggota KPPSD serta dapat ditandatangani oleh para saksi,” katanya.

Dijelaskan Rusdi, berita acara penghitungan suara beserta perlengkapan-perlengkapan pemilihan, surat suara, alat kelengkapan administrasi pemungutan dan penghitungan, akan diserahkan kepada panitia Pilkades.

“Artinya, setelah dilakukan di tingkat KPPSD, berita acara ini dikirimkan ke panitia pemilihan tingkat desa dari beberapa TPS tadi. Kemudian panitia Pilkades melaksanakan penghitungan rekapitulasi berita acara hasil penghitungan suara di tingkat TPS yang disaksikan oleh calon kepala desa atau saksi yang telah diberi mandat, ada BPD dan warga masyarakat. Jadi setelah tanggal 14, tanggal 15 dilakukan penghitungan rekapitulasi suara di tingkat panitia pemilihan desa,” jelasnya.

Rusdi menambahkan, calon Kepala Desa yang memperoleh suara terbanyak dari jumlah suara sah akan ditetapkan sebagai calon Kepala Desa terpilih pada 16 Oktober 2021.

“Jadi 2 hari setelah pelaksanaan pemungutan suara. Itu tahapan pemungutan suara,” imbuhnya.

Dikatakan Rusdi, untuk tahapan terakhir dalam Pilkades ini adalah tahapan penetapan Kepala Desa terpilih, sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan.

Baca juga:  PT. Supreme Energy Sepakat Tidak Mendatangkan Dulu Tenaga Kerja Asing

“Sesuai dengan mekanisme, BPD menyampaikan nama calon kepala desa terpilih kepada bupati, kemudian bupati menerbitkan surat keputusan mengenai pengesahan dan pengangkatan kepala desa paling lambat 30 hari sejak diterima, kemudian persiapan pelaksanaan pelantikan. Insya Allah pada tanggal 22 Desember 2021 akan dilaksanakan pelantikan terhadap calon kepala desa yang terpilih,” katanya.

Pemungutan suara Pilkades serentak Kabupaten Muara Enim tahun 2021 ini diselenggarakan di 374 TPS yang tersebar di 106 desa.

Adapun 106 desa dalam 20 kecamatan di Kabupaten Muara Enim yang menggelar Pilkades serentak sebagai berikut:

1. Kecamatan Semende Darat Ulu: Desa Siring Agung;

2. Kecamatan Semende Darat Laut: Desa Karya Nyata;

3, Kecamatan Panang Enim: Desa Pandan Dulang, Desa Lambur, Desa Pagar Jati;

4. Kecamatan Tanjung Agung: Desa Embawang, Desa Lesung Batu dan Desa Pagar Dewa;

5. Kecamatan Muara Enim: Desa Tanjung Raja, Desa Harapan Jaya dan Desa Saka Jaya;

6. Kecamatan Ujan Mas: Desa Tanjung Raman dan Desa Pinang Belarik;

7. Kecamatan Gunung Megang: Desa Penanggiran, Desa Perjito, Desa Tanjung Terang, Desa Tanjung Muning, Desa Bangun Sari, Desa Kayuara Sakti dan Desa Sidomulyo;

8. Kecamatan Benakat: Desa Hidup Baru dan Desa Rami Pasai;

9. Kecamatan Belimbing: Desa Tanjung, Desa Teluk Lubuk dan Desa Darmo Kasih;

10. Kecamatan Rambang Niru: Desa Tebat Agung, Desa Gerinam, Desa Jemenang, Desa Lubuk Raman, Desa Gemawang, Desa Muara Emburung, Desa Air Talas, Desa Manunggal Makmur, Desa Aur Duri, Desa Air Cekdam dan Desa Kasih Dewa;

Baca juga:  Hadiri Rakor Penanggulangan Bencana Karhutla, Plt. Sekda Muara Enim: Optimalkan Upaya Pencegahan Sedini Mungkin

11, Kecamatan Empat Petulai Dangku: Desa Dangku, Desa Siku, Desa Kuripan, Desa Batu Raja, Desa Banuayu, Desa Gunung Raja, Desa Kahuripan Baru dan Desa Kuripan Selatan;

12. Kecamatan Rambang: Desa Sugih Waras, Desa Sukarami, Desa Tanjung Dalam, Desa Marga Mulia dan Desa Air Keruh;

13. Kecamatan Lubai: Desa Beringin, Desa Aur, Desa Kota Baru, Desa Pagar Gunung, Desa Tanjung Kemala, Desa Suka Merindu, Desa Air Asam dan Desa Gunung Raja;

14. Kecamatan Lubai Ulu: Desa Karang Agung, Desa Pagar Dewa, Desa Sumber Mulia, Desa Lubai Persada dan Desa Karang Sari;

15. Kecamatan Lembak: Desa Lembak, Desa Alai Selatan dan Desa Lubuk Enau;

16. Kecamatan Belide Darat: Desa Gaung Asam, Desa Ibul, Desa Babat, Desa Talang Balai, Desa Tanjung Tiga dan Desa Talang Beliung;

17. Kecamatan Gelumbang: Desa Suka Menang, Desa Talang Taling, Desa Payabakal, Desa Tambangan Kelekar, Desa Sebau, Desa Pinang Banjar, Desa Segayam, Desa Karta Mulia, Desa Jambu, Desa Midar, Desa Gaung Telang, Desa Mililian, Desa Pedataran, Desa Sukajaya dan Desa Karang Endah Selatan;

18. Kecamatan Sungai Rotan: Desa Tanjung Miring, Desa Suka Cinta, Desa Danau Rata, Desa Petar Dalam, Desa Paya Angus, Desa Kasai, Desa Sungai Rotan, Desa Suka Merindu dan Desa Suka Maju;

19. Kecamatan Kelekar: Desa Menanti, Desa Embacang Kelekar dan Desa Menanti Selatan;

20. Kecamatan Muara Belida: Desa Gedung Buruk, Desa Arisan Musi Timur, Desa Patra Tani, Desa Tanjung Baru, Desa Kayu Ara Batu, Desa Mulia Abadi, Desa Arisan Musi dan Desa Harapan Mulia.

(Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *