Polres Lahat Gelar Apel Pasukan Dalam Rangka Ops Ketupat Musi 2021

Berita, Sumsel55 views

LAHAT, ENIMTV – Polres Lahat melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi (Ops) Ketupat Musi 2021. Apel dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Lahat H. Haryanto, S.E., M.M., M.B.A., di Mapolres Lahat, Rabu (5/5/2021).

Giat tersebut diikuti oleh Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K., Waka Polres Lahat Kompol Jossy Andrianto, S.T., M.M., Pasi Ops Kodim 0405 Lahat, para Kabag dan Kasat jajaran Polres Lahat, Kasat Pol PP Kab. Lahat, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Lahat, Ka Kesbangpol Kab. Lahat, Kepala Jasa Raharja Kab. Lahat, Kepala BPBD Kab. Lahat, Senkom Lahat, para Kapolsek jajaran dan tamu undangan lainnya.

Baca juga:  Tilep Dana Kelurahan Rp185 Juta Untuk Bisnis, Mantan Lurah Pasar Bawah Lahat Resmi Ditahan

Dalam amanatnya, Wabup Lahat H. Haryanto yang membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Ops Ketupat Musi 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas.

Hari raya Idul Fitri 1442 H dirayakan oleh mayoritas masyarakat indonesia, peningkatan aktivitas masyarakat akan terjadi dalam bentuk kegiatan ibadah dan kegiatan masyarakat di sentra-sentra ekonomi, destinasi pariwisata serta kegiatan budaya seperti takbir keliling dan halal bihalal. Hal ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcarlantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga:  Pemdes Prabu Menang Bagikan Sembako, Bantu Korban Kebakaran Pasar Bawah Lahat

“Oleh karena itu Polri menyelenggarakan Ops Ketupat Musi 2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, dengan tema sinergitas Polri dengan instansi terkai dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 H,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan Ops Ketupat Musi 2021, Polres Lahat mendirikan 7 pos terpadu yang terdiri dari 5 pos terpadu penyekatan dan 2 pos Pam pengamanan.

Adapun personel yang dilibatkan berjumlah 302 personel, terdiri dari 152 personel Polres Lahat, 30 personel TNI Kodim 0405 Lahat, 12 personel Dishub Kab. Lahat, 30 personel Satpol PP Kab. Lahat, 4 personel Jasa Raharja, 10 personel Damkar, 6 personel PMI, 12 pramuka, 10 Dinas Kesehatan, 2 senkom, 12 personel BPBD, 5 pelahar PKS, 5 personel PLN dan 6 petugas PU.

Baca juga:  Kabaharkam Polri Turut Dampingi Wakapolri Pantau Lalin Jelang Libur Panjang

“Tujuan yang ingin dicapai adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman, nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19,” jelasnya.

“Kondisi yang aman dan kondusif merupakan dambaan setiap warga negara, karena masyarakat dapat menjalankan aktivitas dengan optimal, tidak diliputi oleh rasa khawatir dan rasa takut,” tutup Wabup Lahat. (Endi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *