oleh

Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan di Lapas Lubuklinggau Secara Virtual

LUBUKLINGGAU, ENIMTV – Hari ini, Selasa (27/4/2021), seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) melaksanakan upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 tahun 2021. Tak terkecuali di Kota Lubuklinggau, upacara dilaksanakan secara virtual di Aula Lapas Kelas II A Lubuklinggau, dipimpin oleh Kalapas Imam Purwanto.

Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 tahun 2021 kali ini mengusung tema “Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan Pasti Maju”.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia (RI), Prof Mahfud MD selaku Inspektur Upacara, dalam amanatnya menyampaikan bahwa, Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan kembali apa yang menjadi nawaitu para pendahulu dan peletak dasar Pemasyarakatan.

Baca juga:  Terima Penghargaan Daerah Paling Transparan dari LKPP RI, Walikota Nanan Harap Jadi Pelecut Semangat

“Institusi Pemasyarakatan adalah sebuah simbol dari upaya pendobrakan warisan kolonial, yang tidak mencerminkan Ideologi Pancasila. Namun apalah arti simbol, dia tidak akan berarti tanpa orang-orang yang memberinya makna. Tentunya ini sangat berkaitan erat dengan arti 57 tahun itu sendiri. Apakah dia hanya sebuah hitungan jumlah, lintasan waktu, atau sebuah perjalanan menuju perubahan yang lebih baik,” ujar Mahfud.

Baca juga:  Update 20 Juni 2020: Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Naik 1.226

Di akhir amanatnya, Menko Polhukam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat beserta instansi terkait, yang telah berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas Pemasyarakatan.

“Khusus kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Petugas Pemasyarakatan dan seluruh keluarga besar Pemasyarakatan, saya ucapkan Selamat Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57! Kobarkan Semangat Adaptasi Akselerasi, Pemasyarakatan Pasti Maju. Tetaplah menjadi pelayan masyarakat yang mempunyai semangat mengabdi dengan tulus dan ikhlas kepada bangsa dan negara. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita,” tutup Mahfud.

Baca juga:  Rahmat Erwin Abdullah Persembahkan Medali Perunggu untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo

Seusai Upacara, Kalapas Lubuklinggau, Imam Purwanto menyampaikan kepada seluruh petugas Lapas Lubuklinggau untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas dan fungsi sehari-hari.

“Mari tetap bersemangat dan ikhlas dalam melaksanakan tugas, kita besar dan berbahagia karena Pemasyarakatan. Selamat Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57, Semangat Akselerasi Adaptasi, Pemasyarakatan Pasti Maju,” ujar Imam Purwanto, (SMSI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *