oleh

Pemkab Muara Enim Terima Dividen Rp8,3 Miliar dari Bank Sumsel Babel

MUARA ENIM, ENIMTV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menerima dividen sebesar Rp8,3 miliar dari PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel).

Hal itu terungkap saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Sumsel Babel Tahun Buku 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (22/3/2021).

Dalam RUPS tersebut, ditetapkan jumlah dividen (pembagian laba perusahaan) sebesar 50% dengan total nominal Rp211,8 miliar dari total realisasi laba sebesar Rp551,6 miliar sehingga dividen yang diterima Kabupaten Muara Enim tahun ini ditetapkan sebesar Rp8,3 miliar yang nantinya disetorkan ke kas daerah sebagai penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2021.

Plh. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M. yang hadir dalam RUPS tersebut menjelaskan bahwa, penerimaan dividen Kabupaten Muara Enim tahun ini mengalami peningkatan sebesar 10,6% atau menjadi Rp8,3 miliar dibandingkan Tahun Buku 2019 yang berjumlah Rp7,5 miliar. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh peningkatan realisasi laba Bank Sumsel Babel sebesar 12,78% atau Rp63 miliar dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga:  Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 1442 H, Masjid Agung Muara Enim Sembelih 4 Sapi dan 10 Kambing

Plh. Bupati mengapresiasi performa kinerja Bank Sumsel Babel di tahun 2020 yang dinilainya sangat baik dengan membukukan laba melampaui target, yaitu 107,25%.

Lebih lanjut, Plh. Bupati menjelaskan bahwa kepemilikan saham Kabupaten Muara Enim termasuk di jajaran atas, yaitu sebesar Rp54,5 miliar yang terdiri dari 41 lembar saham dengan nominal Rp41,2 miliar ditambah dengan agio sebesar Rp13,3 miliar. Hal ini menjadikan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sebagai pemegang saham dengan setoran saham terbesar kelima dari 27 pemegang saham lainnya.

Baca juga:  Farewell dan Welcome Parade, Pisah Sambut Kapolres Muara Enim

Plh. Bupati juga memastikan Pemkab. Muara Enim ke depan akan menambah kepemilikan saham paling tidak sebesar Rp25 miliar secara bertahap hingga tahun anggaran 2022 mendatang. Pada awal 2020 lalu hal tersebut telah diajukan dan dibahas pada Badan Anggaran DPRD Kabupaten Muara Enim, namun karena adanya refocussing anggaran, maka mengalami penundaan.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, sebagai pemegang saham pengendali didampingi Komisaris Utama PT. Bank Sumsel Babel, Eddy Junaidi AR., menyampaikan bahwa dalam RUPS ini disepakati bahwa Bank Sumsel Babel akan melakukan penyertaan modal dengan PT. Bank Lampung dan juga ada penambahan 1 jabatan Komisaris Non-Independen yang secara khusus akan diisi oleh perwakilan dari provinsi maupun kabupaten/kota Bangka Belitung.

Baca juga:  Pamit Purnatugas, Pj Bupati Kurniawan Ajak ASN dan Masyarakat Muara Enim Dukung Kepemimpinan Pejabat Baru

Terkait penyertaan modal ke PT. Bank Lampung, Plh. Bupati menyampaikan dukungannya atas pengembangan sayap bisnis PT. Bank Sumsel Babel. Untuk itu, menurutnya, Pemkab. Muara Enim siap jika nantinya Pemprov. Sumsel mengajak seluruh pemegang saham untuk secara bersama menyiapkan modal bagi pengembangan bisnis perusahaan.

Plh. Bupati berharap sinergitas hubungan kemitraan Bank Sumsel Babel dengan Pemkab. Muara Enim dapat lebih dimaksimalkan demi meningkatkan sumbangsih bagi pembangunan Kabupaten Muara Enim. (Prokopim-ME/Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *