oleh

Jaringan WiFi Gratis di Taman Kota Prabujaya Kerap Dirusak, Kadiskominfo Prabumulih Minta Masyarakat Jaga Fasilitas Publik

PRABUMULIH, ENIMTV – Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Prabumulih terus memberikan kemudahan bagi masyarakat, salah satunya dengan menyediakan fasilitas jaringan WiFi gratis di sejumlah wilayah Prabumulih. Namun sangat disayangkan, fasilitas tersebut kerap ditemukan rusak dan tidak berfungsi karena dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti di kawasan Taman Kota Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur.

“Sudah beberapa kali, aku ngajak anak kesana untuk memakai fasilitas WiFi gratis yang ada di Taman Kota Prabujaya dekat kantor pak wartawan (PWI) karena sekalian bisa santai dan belajar daring, tetapi sudah 2 minggu belakangan ini tidak bisa masuk (offline), tidak tahu juga apa penyebabnya,” ungkap Heru (32), warga Sukajadi, kepada awak media, Jumat (12/3/2021).

Baca juga:  Ratusan Pendaki Luar Sumsel Akan Meriahkan Deklarasi U-Forty Sumsel

Ia pun menduga putusnya jaringan internet yang ada di sekitar Taman Prabujaya karena tangan jahil dari orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, dirinya meminta pemerintah kota melalui petugas Satpol PP, yang sering berjaga di sekitar lokasi tersebut agar lebih meningkatkan pengawasannya.

Kondisi yang sama juga dialami oleh sejumlah pewarta yang sering beraktivitas di Kantor PWI Kota Prabumulih komplek Taman Prabujaya. Bahkan, rusaknya fasilitas jaringan WiFi di kantor organisasi wartawan ini diketahui sudah terjadi kedua kalinya selama 2 minggu terakhir.

Baca juga:  Peringati HUT ke-41, PTBA Gelorakan Transformasi

“Mari kita sama-sama jaga fasilitas WiFi yang telah disediakan oleh pemerintah kota, khususnya yang ada di Taman Prabujaya ini,” ungkap Ketua PWI Kota Prabumulih, Mulwadi, saat menyikapi rusaknya kabel jaringan WiFi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, pegawai teknisi Telkom Prabumulih, Riski membenarkan jika kerusakan yang terjadi pada kabel fiber indihome (WiFi) Taman Prabujaya hingga menyebabkan jaringannya terganggu karena dirusak orang.

“Sekitar 2 minggu lalu jaringan internet ini rusak akibat kabel fibernya putus dan sudah kami perbaiki, ini yang kedua kali kami memperbaikinya. Untuk penyebab kerusakan sama seperti yang pertama, akibat kabel fiber dirusak orang yang tidak dikenal,” sebutnya, usai memperbaiki jaringan kabel tersebut, Jumat (12/3/2021) siang.

Baca juga:  Bersama Camat Hingga RT, PTBA Sosialisasi Lahan dan Bangunan di Talang Jawa

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Prabumulih, Drs. Mulyadi Musa M.Si, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan, fasilitas WiFi yang disediakan oleh Pemerintah Kota Prabumulih untuk bisa digunakan bersama.

“Fasilitas tersebut adalah milik kita bersama, maka wajib kita jaga dan jangan sampai dirusak orang yang tidak bertanggung jawab.

WiFi publik tersebut sangat dibutuhkan oleh banyak pihak, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Mohon kiranya apa yang menjadi fasilitas Pemerintah untuk bersama kita jaga,” tulis Mulyadi. (SMSI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *