oleh

Hadiri Rakor Penanggulangan Bencana Karhutla, Plt. Sekda Muara Enim: Optimalkan Upaya Pencegahan Sedini Mungkin

MUARA ENIM, ENIMTV – Setelah mengikuti upacara peringatan hari jadi Pemadam Kebakaran dan Penyelamat ke-102, Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Drs. Emran Tabrani, M.Si., lanjut menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forkopimda yang dihadiri langsung oleh Kapolres Muara Enim, Dandim 0404/Muara Enim, Kajari Muara Enim serta Kepala OPD terkait,

Adapun materi rapat tersebut membahas tentang komitmen bersama lintas sektoral dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2021.

Baca juga:  Pembukaan Konsultasi Publik II Penyusunan RDTR dan Peraturan Zonasi Kawasan Perkotaan Kecamatan Muara Enim

Rakor tersebut dilaksanakan secara virtual pada Senin pagi (1/3/2021) bertempat di Ruang Rapat Rupatama Mapolres Muara Enim yang juga diikuti oleh seluruh Kepala Daerah pada 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan.

Setelah mendengarkan arahan langsung dari Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, Plt. Sekda segera mengambil langkah-langkah strategis ke depan, antara lain segera melakukan sosialisasi dalam rangka pencegahan dini, melakukan pembentukan satgas gabungan, meningkatkan koordinasi dan sinergitas, yang akan segera dilakukan rapat lanjutan tingkat kabupaten yang melibatkan seluruh instansi terkait bersama langsung dengan Plh. Bupati Muara Enim.

Baca juga:  PTBA Serahterimakan GOR Sepak Takraw dan Mobil Operasional Basnas Kepada Plt. Bupati Muara Enim

Plt. Sekda menambahkan bahwa bencana kebakaran merupakan tanggung jawab bersama, maka dari itu dirinya berharap kepada seluruh instansi terkait maupun relawan serta masyarakat dapat bersinergi untuk menanggulangi bencana Karhutla, karena kebersamaan dalam penangganan akan membuahkan hasil yang optimal untuk menekan terjadinya bencana bahkan akibat yang ditimbulkan pasca bencana.

Pada rapat koordinasi itu pula, diikrarkan Komitmen bersama dalam penanggulangan karhutla di Sumatera Selatan tahun 2021 oleh perwakilan dari seluruh instansi juga relawan karhutla. Yang berpegang teguh pada prinsip dengan mengedepankan upaya pencegahan, bekerja bersama dalam penanganan dengan melibatkan semua pihak, serta melakukan penegakan hukum tanpa kompromi.

Baca juga:  Gubernur Sumsel Serahkan Bantuan Keuangan Untuk Desa Persiapan Ujan Mas Ulu

Pada Rakor tersebut turut hadir langsung di antaranya, Kapolda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya, Kajati Sumsel, Danrem 044/Garuda Dempo, Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) dan juga Kepala Dinas terkait di lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. (Prokopim-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *