oleh

Resmikan PLTS Irigasi di Desa Tanjung Raja, Gubernur Sumsel: Mudah-Mudahan Produksi Pangan Kita Terus Meningkat

MUARA ENIM, ENIMTV – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Muara Enim, Selasa (2/3/2021).

Salah satu agenda Herman Deru (HD) dalam kunkernya ke Bumi Serasan Sekundang, yaitu meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Tanjung Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.

PLTS Desa Tanjung Raja ini merupakan bantuan dari PT. Bukit Asam Tbk, (PTBA) melalui Corporate Social Responsibility (CSR). PLTS tersebut difungsikan untuk mengalirkan listrik ke pompa irigasi, yang nantinya akan mengaliri lahan seluas 60 ha.

Baca juga:  Prefektur Oita Menunjuk Warga Negara Indonesia Menjadi Duta Luar Negeri untuk Pertama Kalinya

Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel menyampaikan bahwa bantuan PLTS Irigasi dari PTBA ini merupakan bantuan yang sangat inovatif.

“Hari ini, PTBA memberikan angin segar berupa inovasi baru, yakni listrik masuk sawah berupa irigasi pompanisasi tanpa biaya,” kata HD.

Menurut HD, PLTS irigasi ini adalah sebuah investasi yang lebih mahal gagasannya daripada pembiayaannya.

“Kalau pembiayaannya ini jauh lebih murah daripada kita membangun bendungan, menyalurkan melalui irigasi konvensional. Ini dengan pembiayaan Rp1 miliar lebih kurang bisa mengairi sawah 60 hektare,” jelasnya.

Baca juga:  Euforia Kelulusan, Siswa Tak Perlu Rusak Keindahan Fasilitas Umum

HD berharap Kabupaten Muara Enim yang selama ini hanya dikenal sebagai penghasil energi sumber daya alam berupa minerba, ke depannya bisa menjadi lumbung pangan Sumatera Selatan.

“Saya berkeyakinan Muara Enim ke depan juga bisa menjadi lumbung pangannya Sumatera Selatan, dengan inovasi-inovasi yang sangat brilian ini,” tegasnya.

“Selamat menikmati aliran irigasinya, mudah-mudahan produksi pangan kita terus meningkat,” tutupnya.

Baca juga:  Pemkab Muara Enim Gandeng Polres dan Kejari Awasi Dana Covid-19

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Raja, Hisuliadi dalam sambutannya atas nama masyarakat Desa Tanjung Raja, menyampaikan ucapan terima kasih kepada PTBA atas bantuan PLTS irigasi yang diberikan.

“Semoga ini nanti benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Tanjung Raja dan untuk ketahanan pangan nasional,” harapnya.

Turut dalam acara peresmian tersebut Plh Bupati Muara Enim, Direktur Utama PTBA, Asisten 2 Pemkab Muara Enim dan Camat Kota Muara Enim. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *