oleh

Wisata Tangkal Covid-19, Inovasi Terobosan Kreatif Polsek Tanjung Agung

MUARA ENIM, ENIMTV – Polsek Tanjung Agung dalam pengamanan dan penjagaan objek wisata tahun baru 2021 lokasi Air Terjun Bedegung di Desa Bedegung, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim, membuat inovasi terobosan kreatif yang diberi nama Wisata Tangkal Covid-19.

Wisata Tangkal Covid-19 adalah wisata yang mengutamakan penerapan protokol kesehatan dalam lokasi wisata, bekerja sama dengan TNI, Satpol PP, DIshub, Dinkes dan UPTD Pariwisata Kabupaten Muara Enim, guna memutus mata rantai Covid-19 yang dapat menimbulkan klaster dalam berwisata.

Demikian disampaikan Kapolsek Tanjung Agung AKP Candra Kirana Putra dalam kegiatan penerapan Wisata Tangkal Covid-19 di lokasi wisata Air Terjun Bedegung, Jumat (1/1/2021).

“Wisata Tangkal Covid-19 ini bertujuan untuk antisipasi masa pandemi Covid 19, dengan mengurangi kegiatan kerumunan atau kumpul-kumpul yang tidak jaga jarak antar pengunjung,” jelas Candra.

Baca juga:  Gubernur Sumsel Launching Aplikasi 'Si Pantau Covid-19 SS'

Dalam kegiatan tersebut, dijelaskan Candra, anggota kepolisian memberikan penjelasan dan imbauan kepada para pengunjung, agar dapat memahami bahwa Wisata Tangkal Covid-19 adalah salah satu cara untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Dengan tetap memberikan kualitas pelayanan prima kepolisian, guna memberikan rasa aman, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas menuju lokasi wisata,” jelasnya.

Selain itu, penerapan Wisata Covid-19 juga menyediakan Posko Tangkal Covid-19 serta menyiapkan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan.

“Anggota kita memberikan imbauan dan arahan kepada masyarakat pengunjung Wisata Air Terjun Bedegung, agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan tetap menggunakan Masker,” ujarnya.

Baca juga:  Presiden Jokowi Tegaskan Aspek Keamanan dan Keefektifan Vaksin Covid-19 Harus Benar-benar Dipastikan

Berbagai sarana dan prasarana telah disiapkan, di antaranya penyediaan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh kepada para pengunjung wisata Air Terjun Bedegung, sistem Public Address, imbauan papan bicara, dan pembagian leaflet tentang adaptasi kebiasaan baru.

“Petugas selalu siap di Pos Pam Pelayanan Ops Lilin 2020 untuk memantau situasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas seputaran wisata Air Terjun Bedegung,” jelas Candra.

Dengan dilaksanakannya Wisata Tangkal Covid-19 ini, Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kapolsek Tanjung Agung AKP Candra Kirana Putra, S.H., S.I.K., M.Si. menjelaskan situasi di seputaran lokasi wisata Air Terjun Bedegung terpantau tertib prokokol kesehatan, mulai berdatangan pengunjung untuk berlibur.

Baca juga:  Pemkab. Muara Enim Terima CSR dari PT. Titan, Plt. Bupati: Harus Betul-betul Dirawat dan Dijaga

“Situasi arus lalu lintas terpantau ramai lancar, baik kendaraan R2 maupun R4 yang digunakan oleh para pengunjung yang datang ke wisata Air Terjun Bedegung, untuk saat ini sudah terlihat ada peningkatan,” jelas Kapolsek Tanjung Agung.

“Mayoritas warga sudah menggunakan masker/penutup mulut selama berada di tempat wisata Air Terjun Bedegung dan sudah menerapkan jaga jarak sesuai tanda silang yang sudah dibuat di lokasi wisata, Pihak pengelola dan petugas di wisata Air Terjun Bedegung juga sudah menyediakan tempat untuk mencuci tangan bagi para pegunjung sesuai protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya. (Gusti)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *