3.128 UKM di Lahat Terima BPUM Rp2.400.000, Terbanyak Kedua di Sumsel

Berita, Sumsel863 views

LAHAT, ENIMTV – Sebanyak 3.128 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Lahat menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2.400.000 pada tahap penyaluran 1, 2. dan 3. Jumlah penerima ini merupakan terbanyak kedua di Provinsi Sumatera Selatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. bersama Kepala Dinas Koperasi dan UKM Yahya Edward, S.E., M.M. saat Launching Penyerahan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro di Kabupaten Lahat TA 2020 yang diselenggarakan bersama Bank BRI, bertempat di Gedung Pertemuan Pemda Lahat, Senin (28/9/2020).

Baca juga:  Jadi Pengedar Narkoba di Muara Enim, Seorang IRT Asal OKU Diamankan Polisi

Kepala Dinas Koperasi dan UKM dalam laporannya menjelaskan bahwa selama di masa Pandemi Covid-19 ini, jumlah UKM yg diusulkan oleh Dinas Koperasi Lahat tahap 1, 2, dan 3 ke Kementerian Koperasi RI sebanyak 5.700 UKM.

“Data tersebut divalidasi oleh Kementerian Pusat hingga hanya 3.128 UKM yang datanya valid dan saat ini telah mendapatkan pencairan BPUM masing-masing sebesar Rp2.400.000. Ini merupakan jumlah terbanyak kedua di Sumsel,” jelas Edward.

Sementara itu, Bupati Lahat sangat mengapresiasi upaya Dinas Koperasi yang telah banyak mendata dan mengajukan para UKM di Lahat untuk mendapatkan BPUM tersebut.

Baca juga:  Sambangi Sanak Keluarga di Tanjung Enim, Cik Ujang: Silaturahmi Jangan Sampai Putus

“Harapan kami semoga bantuan tersebut dapat menjadi tambahan intensif menambah modal usaha bagi seluruh pelaku usaha mikro, agar dapat terus bertahan dan berkembang di masa Pandemi Covid-19 ini,” harap Cik Ujang.

Pimpinan Cabang BRI Lahat Pradita Baradi dalam sambutannya menyatakan bahwa dana BPUM tersebut sudah bisa diambil di Bank BRI terdekat.

“Program ini bertujuan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional di tengah Pandemi Covid-19,” ujarnya.

“Di samping itu, BRI juga telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro sebesar Rp10.000.000 dan Subsidi Bunga kepada para pelaku usaha mikro yang ada di Kabupaten Lahat,” imbuhnya.

Baca juga:  Tekankan Zero Halinar Kepada Seluruh Warga Binaan, Ini Langkah Strategis Kalapas Muara Enim

Di tempat yang sama, Yogi salah satu pelaku UKM penerima BPUM saat dimintai tanggapannya oleh Enimtv.com, merasa sangat senang bisa memperoleh bantuan sebesar Rp2.400.000 tersebut.

“Lumayan pak bisa nambahin modal usaha,” ujar Penjual Kopi Bubuk bermerek “Kopi Serambi” yang berasal dari Kec. Jarai tersebut

Pantauan Enimtv.com turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, S.E., Kepala Pengadilan Negeri Lahat Yoga DA Nugroho, S.H., M.H. dan Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Lahat Taufik Hidayat, beserta segenap instansi terkait lainnya. (Endi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *