Naik 42,76%, BPR Gerbang Serasan Cetak Laba Bersih Rp3,84 Miliar di 2023

Berita, Daerah42 views

MUARA ENIM, ENIMTV – PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Gerbang Serasan menunjukkan kinerja yang sangat baik sepanjang tahun 2023.

Hal ini terbukti dengan meningkatnya laba bersih yang dicetak perseroan sebesar 42,76%, dari tahun sebelumnya posisi Desember 2022 yaitu sebesar Rp2,69 miliar menjadi Rp3,84 miliar atau naik Rp1,15 miliar.

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali memberikan apresiasi atas pencapaian BPR Gerbang Serasan tersebut.

“Alhamdulillah performance kita pada tahun 2023 sangat baik,” ujar Rizali dalam keterangannya usai menghadiri RUPS Tahun BPR Gerbang Serasan, di Meeting Room Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Rabu (03/04/2024).

Pj Bupati mengatakan, dirinya selaku kepala daerah pemegang saham utama BPR Gerbang Serasan akan mengambil sejumlah kebijakan untuk mendorong kinerja perusahaan agar dapat lebih meningkat lagi.

Baca juga:  Polri Bakal Tindak Tegas yang Terlibat Kelompok Teroris, Termasuk Eks Anggota FPI

“Pertama, saya akan buat surat edaran agar seluruh PNS di Kabupaten Muara Enim membuka tabungan ataupun deposito di BPR Gerbang Serasan,” katanya.

Selanjutnya, untuk pengelolaan Dana Baznas dan Dana Desa juga diharapkan melalui BPR Gerbang Serasan.

“Nanti saya akan buat surat ya, tentu diperbolehkan karena memang BPR ini dilahirkan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri, Dana Desa itu adalah kebijakan Menteri Dalam Negeri, jadi tidak ada salahnya,” jelas Pj Bupati.

Pj Bupati secara bertahap mengharapkan agar direksi dan komisaris terus meningkatkan kemampuannya.

“Nanti kalau sudah agak meningkat kita akan bikin cabang di Prabumulih atau nanti cabang di Tanjung Enim, yang tentu akan membuka lapangan pekerjaan adik-adik kita yang bergelut di bidang keuangan atau perbankan bisa bekerja dengan baik,” pungkasnya.

Baca juga:  Plt Bupati Muara Enim Lepas Peserta Lomba Gerak Jalan Pramuka

Sementara itu, Direktur Utama BPR Gerbang Serasan Zaman Hury mengungkapkan, selain laba bersih yang meningkat, peningkatan kinerja BPR Gerbang Serasan sepanjang tahun 2023 juga terlihat dari segi Aset, Penyaluran Kredit, serta Dana Pihak Ketiga Tabungan dan Deposito.

“Aset meningkat 35,81% dari tahun sebelumnya posisi Desember 2022 sebesar Rp81 miliar menjadi Rp110 miliar atau naik Rp29 miliar. Penyaluran Kredit meningkat 29,74% dari tahun sebelumnya posisi Desember 2022 sebesar Rp66,9 miliar menjadi Rp86.8 miliar atau naik Rp19,9 miliar. Dana Pihak Ketiga Tabungan dan Deposit meningkat 14% dari tahun sebelumnya posisi Desember 2022 sebesar Rp28,8 miliar menjadi Rp33 miliar atau naik Rp4,2 miliar,” ungkap Zaman.

Baca juga:  Plt Asisten III Awali Safari Ramadan 1445 H di Desa Datar Lebar SDU

Zaman menjelaskan, penghitungan tersebut telah berdasarkan hasil audit dari Kantor Akuntan Publik dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Predikat WTP ini sudah 6 kali berturut-turut sejak tahun 2018,” jelasnya.

Untuk tahun 2024, lanjut Zaman, BPR Gerbang Serasan akan memberikan kontribusi PAD sebesar Rp2 miliar.

“BPR Gerbang Serasan juga mendapatkan Award TOP BUMD untuk ketiga kalinya yang diadakan majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (I-Otda) dan Lembaga Kajian Nawacita,” tutupnya.

Turut hadir dalam RUPS Tahunan tersebut, di antaranya Dewan Komisaris yaitu Komisaris Utama Abdul Nadjib dan Komisaris Armelli Mendri, serta Direktur Fauzia Isfandiary. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *