Distribusi Air Tak Lancar, Puluhan Warga Numpang Mandi di PDAM Lematang Enim

Berita, Daerah21 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Gara-gara distribusi air tak lancar, puluhan warga Perumahan Bougenville dan Air Durian, RT Kelurahan Muara Enim menggeruduk kantor PDAM Lematang Enim untuk numpang mandi, Senin (14/8/2023) pagi.

Warga datang menggunakan sepeda motor dengan membawa handuk dan perlengkapan mandi.

Aksi warga disambut oleh perwakilan PDAM Lematang Enim yang dipimpin oleh Suprapto selaku Wakil Direktur Teknik didampingi Humas Jhon Iskandar dan Kepala Cabang Muara Enim Erza.

Ketua RT 02 RW 008 Kelurahan Muara Enim Latief Ansori mengatakan, aksi ini dilakukan secara spontan oleh warga yang meminta solusi krisis air bersih dari PDAM Lematang Enim.

Baca juga:  Presiden Jokowi Pimpin Rapat Terbatas Bahas Pengelolaan Limbah B3 Medis COVID-19

“Distribusi air di area kami tidak merata sehingga ada pelanggan PDAM yang sudah berbulan-bulan tidak mendapat air bersih. Warga kami saat ini kesulitan untuk mandi, mencuci dan masak karena terhambatnya distribusi air bersih oleh PDAM,” kata Latief.

Tak hanya itu, menurut Latief, meski air tak sampai ke pelanggan, namun warga tetap ditagih atas beban minum oleh PDAM. Hal ini, kata Latief, tentu sangat membebani warga.

“Kami harus membayar apa yang tidak kami dapatkan, dalam hal ini adalah air bersih. Perlu diketahui, untuk mengatasi masalah air ini, warga harus membeli air secara mandiri yang tentu harganya tidak murah,” imbuhnya.

Baca juga:  Geruduk Kantor Bupati Muara Enim, Masyarakat Tuntut Segera Cabut SK Kenaikan Tarif PDAM

Untuk itu, Latief berharap PDAM Lematang Enim dapat segera mencarikan solusi cepat dan solusi jangka panjang terkait masalah distribusi air ini.

“Kami meminta solusi cepat agar PDAM padam mengirim tangki untuk menyuplai kebutuhan air bersih warga dan solusi jangka panjang agar distribusi air bersih dapat mengalir normal kembali,” pungkasnya.

Menanggapi keluhan warga, Wakil Direktur Teknik PDAM Lematang Enim Suprapto mengatakan beberapa hal yang menjadi kendala distribusi air bersih, di antaranya kapasitas produksi yang tidak sesuai dengan jumlah pelanggan.

Baca juga:  Polres Muara Enim Terima Penghargaan Pos Pelayanan Terbaik Pengamanan Nataru dari Ditlantas Polda Sumsel

Selain itu, kondisi jaringan distribusi ke perumahan warga yang tidak sesuai standar juga menjadi kendala.

“Kita saat ini tengah berusaha agar kendala distribusi ini dapat diselesaikan. Tentunya kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Suprapto.

Dalam kesempatan itu, Suprapto menyampaikan untuk solusi jangka pendek yang diambil PDAM Lematang Enim dengan mengirim mobil tangki guna menyuplai air untuk kebutuhan sehari-hari warga Bougenville.

“Kami akan siapkan mobil tangki untuk membantu distribusi air bersih ke warga,” tukasnya. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *