Satlantas Polres Muara Enim Berikan Imbauan kepada Masyarakat yang Tidak Pakai Helm

Berita, Daerah65 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Dalam rangka Operasi Patuh Musi 2023 guna menjaga situasi ketertiban dan keamanan serta kelancaran lalu lintas yang kondusif, personel Satlantas Polres Muara Enim memberikan teguran simpatik kepada masyarakat pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, Senin (11/07/2023).

Saat melaksanakan patroli, personel Satlantas tidak hanya menegur, tetapi juga memberikan pembinaan dan pemahaman kepada pengendara tersebut mengenai pentingnya penggunaan helm pengaman untuk menjaga keselamatan diri sendiri dari benturan, serta pentingnya membawa surat-surat kendaraan saat berkendara,

Baca juga:  Jaga Lingkungan, PTBA Ajak Masyarakat Bersih-bersih Sungai Enim

Meskipun memberikan teguran simpatik, personel Satlantas tetap tidak mengesampingkan penegakan hukum. Jika pelanggaran tersebut berpotensi membahayakan pengendara itu sendiri atau pengguna jalan lainnya, maka akan diberikan tindakan tilang.

Namun, selama masih memungkinkan, tindakan yang dilakukan bersifat preemtif dan preventif dengan memberikan pemahaman dan pembinaan kepada pelanggar lalu lintas guna menumbuhkan kesadarannya akan pentingnya tertib berlalu lintas.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kasat Lantas AKP Suwandi menjelaskan bahwa, dalam pelaksanaan tugas di lapangan, setiap personel Satlantas memiliki diskresi kepolisian untuk mengambil tindakan sesuai dengan penilaian mereka sendiri.

Baca juga:  Curi 62 Tandan Buah Sawit, Warga Bangun Sari Diringkus Tim Trabazz Polsek Gunung Megang

“Artinya, jika pelanggaran dapat diberikan teguran lisan melalui pembinaan atau teguran tertulis, maka hal itu dapat dilakukan. Namun, teguran yang diberikan diharapkan dapat memberikan efek jera terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh para pelanggar sehingga mereka tidak mengulangi pelanggaran tersebut. Hal ini juga berlaku untuk pengguna jalan lainnya. Dengan demikian, kegiatan Kamtibcar Lantas dapat berjalan dengan baik dan tercipta ketertiban lalu lintas yang lebih baik,” jelas Suwandi.

Baca juga:  Resahkan Masyarakat, Polisi Ringkus Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Melalui teguran simpatik dan pembinaan yang diberikan, diharapkan masyarakat pengendara sepeda motor dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan helm pengaman dan tertib berlalu lintas.

“Keselamatan dan ketertiban lalu lintas merupakan tanggung jawab bersama dan partisipasi aktif dari masyarakat sangat penting dalam menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman dan tertib,” pungkas Suwandi. (Aal/Humas Polres ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *