Jelang Pemilu 2024, Polres Muara Enim Gelar Latihan Dalmas dan Sispamkota

Berita, Daerah46 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Polres Muara Enim mengadakan Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), di halaman Mapolres Muara Enim, Rabu (05/07/2023).

Latihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personel saat bertugas, juga dimaksudkan untuk mengantisipasi potensi kerawanan Kamtibmas yang mungkin terjadi menjelang Pemilu 2024.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Muara Enim AKP M. Heri Irawan dan dihadiri oleh seluruh personel Polres, Sabhara, serta gabungan dari berbagai bagian, satuan, dan unit di Polres Muara Enim.

Baca juga:  Plt. Bupati Muara Enim Himbau Masyarakat Untuk Diam di Rumah Menghadapi Pandemi Covid-19

Melalui latihan ini, anggota Polres Muara Enim diharapkan dapat mengasah kemampuan dalam menghadapi situasi genting yang mungkin terjadi selama Pemilu 2024.

Latihan Dalmas ini mencakup berbagai aspek, mulai dari tindakan pencegahan, perintah lisan, kendali fisik tanpa senjata, kendali fisik dengan senjata tumpul atau alat lain sesuai standar Polri, hingga kendali dengan senjata api atau alat lain yang dapat menghentikan tindakan atau perilaku pelaku kejahatan atau tersangka yang berpotensi membahayakan anggota Polri atau masyarakat.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi melalui Kasat Samapta AKP M. Heri Irawan menjelaskan bahwa, latihan ini merupakan antisipasi terhadap konflik sosial menjelang Pemilu 2024.

Baca juga:  Polri Awasi Aktivitas Penjualan Online Obat Antibiotik Pandemi Covid-19

“Sebagai penegak hukum yang bertugas memelihara Kamtibmas, anggota Polres Muara Enim harus siap dalam melaksanakan tugas guna menjaga situasi yang aman dan kondusif. Kebugaran fisik dan kesehatan anggota juga diingatkan agar tetap terjaga, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik,” jelas Heri.

Melalui latihan ini, sambung Heri, diharapkan personel Polres Muara Enim mampu menangani situasi dengan tepat dan menghindari kesalahan prosedur di lapangan.

Baca juga:  Presiden Jokowi Tekankan Kemandirian Industri Farmasi Nasional Harus Jadi Prioritas Bersama

“Latihan ini juga bertujuan untuk melatih fisik dan kesiapan personel saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya. Diharapkan bahwa setiap personel akan selalu siap jika dibutuhkan, dan kemampuan dalam pengendalian massa akan menjadi kemampuan utama bagi setiap personel Polri,” imbuhnya.

Dengan menggelar latihan ini, Polres Muara Enim berupaya meningkatkan kemampuan dan profesionalitas personel dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahapan Pemilu 2024. Latihan ini juga merupakan bentuk antisipasi terhadap perkembangan isu-isu terkait dengan Pemilu. (Aal/Humas Polres ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *