Gelar Tes Potensi Akademik, PTBA Seleksi 291 Calon Penerima Beasiswa Bidiksiba 2023

Berita, Daerah195 views

TANJUNG ENIM, ENIMTV – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar Tes Potensi Akademik untuk menyeleksi calon penerima Program Beasiswa Sekitar PT Bukit Asam Tbk (Bidiksiba) tahun 2023.

Tes yang dilaksanakan secara serentak di 4 wilayah unit kerja PTBA tersebut diikuti oleh 291 peserta pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Adapun rinciannya 194 peserta dari Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE), 62 peserta dari Unit Pertambangan Ombilin, 19 peserta dari Unit Pelabuhan Tarahan dan 16 peserta dari Unit Dermaga Kertapati.

Para peserta calon penerima Program Beasiswa Bidiksiba itu berasal dari masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Ketua Tim Bidiksiba 2023 Laurentius Agus Haryadi melalui Sekretaris Weny Yuliastuti menjelaskan, Bidiksiba merupakan program tanggung jawab sosial PTBA di bidang pendidikan.

“Bidiksiba ini kita lakukan setiap tahun dan pesertanya dari masyarakat prasejahtera.” jelas Weny saat diwawancara awak media, di Gedung Serbaguna (GSG) Tanah Putih, Tanjung Enim, Sabtu (24/6).

Baca juga:  Gernas Tastaka, PTBA Libatkan Guru se-Kecamatan Lawang Kidul

Weny menerangkan, dari awal pendaftaran, sebanyak 353 pendaftar sudah mengikuti seleksi administrasi dan 297 dinyatakan lolos.

“Setelah lolos seleksi administrasi, para peserta menjalani psikotes sebagai rekomendasi penilaian. Namun, 6 orang tidak hadir sehingga akhirnya 291 peserta yang bisa mengikuti Tes Potensi Akademik,” terangnya.

Hasil kelulusan Tes Potensi Akademik nantinya akan diumumkan dari masing-masing Politeknik pada 10 Juli 2023.

Weny mengungkapkan, program Bidiksiba dengan Politeknik ini sudah dimulai dari tahun 2014. Adapun alumni Bidiksiba sampai dengan tahun 2022 sebanyak 277 orang.

“Dari 277 ini sudah ada yang bekerja dan masih kuliah 97 orang. Ada yang kerja di BUMN, ASN dan Swasta,” ungkapnya.

Baca juga:  Bersama Kemenparekraf, Lam Horas Film Gelar Pemutaran dan Diskusi "Invisible Hopes"

Weny berharap para penerima program Beasiswa Bidiksiba dapat menjadi agent of change dalam keluarganya.

“Jadi adik-adik ini membawa perubahan untuk keluarganya menjadi lebih baik, utamanya dari sisi ekonomi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur IV Polsri Drs. Zakaria, M.Pd. menyampaikan bahwa, program Bidiksiba yang bekerja sama dengan Polsri sudah berjalan angkatan ke-9.

“Programnya ada Diploma Tiga (D3) yang meliputi beberapa prodi sesuai dengan minat peserta masing-masing, baik rekayasa maupun non rekayasa,” ujar Zakaria.

Zakaria mengatakan, selama menempuh pendidikan 3 tahun, penerima program Bidiksiba mendapatkan pembinaan khusus.

“Karena mereka ini tidak saja pembinaan di bidang akademik, tapi juga non akademiknya kita bina,” katanya.

Zakaria berharap kerja sama antara PTBA dan Polsri dalam program Bidiksiba ini dapat tetap berlanjut. Selain itu, dapat ditingkatkan dari segi kualitas dan kuantitas.

Baca juga:  Peringati HPN 2021, SMSI Muara Enim Potong Tumpeng dan Berikan Bantuan Sembako ke Ponpes Darussa'adah

“Terutama kualitasnya. Artinya, di samping yang terkait dengan akademik, non akademiknya tetap kita tambahkan, dengan harapan luaran anak ini sesuai dunia kerja,” tandasnya.

Sementara itu, Sri Alnisa, salah satu peserta Tes Potensi Akademik, berharap bisa lulus sebagai penerima Bidiksiba 2023 di jurusan Akuntasi Politeknik Negeri Malang.

“Saya di sini karena ingin membantu meringankan beban kedua orang tua di bidang ekonomi. Sebab, dengan mengikuti Bidiksiba ini saya bisa mendapat beasiswa,” ujar siswi MAN 2 Lahat itu.

Sri Alnisa menyampaikan rasa terima kasih kepada Bukit Asam atas program Beasiswa Bidiksiba.

“Semoga PTBA semakin sukses, maju dan berjaya,” tutupnya. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *