oleh

Peringati HLHS 2023, PTBA Susur Bersih Sungai Enim dan Kiahaan

TANJUNG ENIM, ENIMTV – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2023, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar kegiatan Susur Bersih Sungai, di Taman Love Bukit Asam Tanjung Enim, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 375 peserta terdiri dari mitra kerja PTBA, BPBD Muara Enim, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Muara Enim, unsur Tripika, pelajar, komunitas lingkungan Muara Enim dan masyarakat Desa Lingga.

Susur Bersih Sungai itu dibuka secara resmi oleh GM UPTE PTBA Venpri Sagara, ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan APD kepada perwakilan peserta.

Sesuai dengan tema HLHS 2023, yaitu “Beat Plastic Pollution” atau Kendalikan Sampah Plastik, para peserta melakukan bersih-bersih sampah di Sungai Enim dan Kiahaan.

Baca juga:  Bantuan Tunai 2021, Presiden Jokowi: Disalurkan Langsung Tanpa Potongan Apapun

Sebanyak 1.000 kg sampah (644 kg anorganik, 356 kg organik) berhasil dikumpulkan oleh para peserta dan telah dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

GM UPTE PTBA Venpri Sagara mengatakan, Bukit Asam dalam memperingati HLHS 2023 akan menggelar rangkaian acara, diawali dengan kegiatan Susur Bersih Sungai ini.

“Kita akan melakukan sosialisasi pengendalian sampah plastik mulai dari tingkat pelajar hingga masyarakat. Di internal Bukit Asam juga akan semakin meningkatkan dan menggalakkan pengendalian sampah plastik ini,” kata Venpri saat diwawancara awak media.

Selain dari sosialisasi, lanjut Venpri, Bukit Asam akan mengkampanyekan secara terus menerus pengendalian sampah plastik, mitra kerja PTBA wajib ikut serta dalam program ini.

Baca juga:  Petani Tanjung Raja Rasakan Manfaat Pupuk Organik dari PTBA, Hasil Panen Meningkat-Biaya Produksi Lebih Efisien

Kemudian, PTBA juga bakal menggelar pemilihan duta lingkungan hidup yang akan dipiih dari kalangan pelajar tingkat SMA.

“Harapan kita, 22 kecamatan di Kabupaten Muara Enim akan mengirim pesertanya. Untuk kegiatan ini kita akan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Muara Enim,” ujar Venpri.

Venpri berharap duta lingkungan hidup yang terpilih nantinya akan menjadi corong bagi pemerintah agar semakin menggalakkan kampanye dan sosialisasi lingkungan.

“Tentunya dia nanti akan berperan serta di lingkungan pelajar maupun di keluarga dan masyarakat daerahnya masing-masing,” harapnya.

Venpri mengatakan masih banyak rangkaian kegiatan yang akan digelar PTBA untuk memperingati HLHS 2023 ini. Pada intinya, kegiatan yang simultan tidak hanya terkait dengan pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup, tapi juga sekaligus membawa nilai ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Rangkaian HUT ke-39 Resmi Dibuka, Arviyan Inginkan PTBA Bermanfaat Bagi Masyarakat

“Semuanya ini bermuara akan membawa kebaikan bagi perusahaan, masyarakat, Kabupaten Muara Enim dan bagi Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HLHS 2023 PTBA Arya Gustifram mengatakan, target dari kegiatan Susur Bersih Sungai ini untuk menjaga kebersihan sungai.

“Kita tahu bahwa air merupakan sumber kehidupan untuk makhluk hidup, tidak hanya manusia tapi juga hewan dan tumbuhan. Jadi kita wajib untuk membersihkannya,” kata Arya.

“Program Susur Bersih Sungai ini dilaksanakan PTBA setiap tahun dan akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” tutupnya. (Gusti)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *