oleh

Prioritas Layanan Prima, Lapas Muara Enim Berikan Makanan Tambahan dan Pemeriksaan Kesehatan bagi WBP Lansia

MUARA ENIM, ENIMTV – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Enim terus berupaya memberikan prioritas layanan secara prima. Manifestasi dari hal itu, salah satunya dengan secara kontinu memberikan makanan tambahan dan pemeriksaan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lanjut usia (lansia). Selasa (06/06/2023).

Kalapas Muara Enim Herdianto melalui Kasubsi Perawatan Anton Sandrayadi menjelaskan bahwa, berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan Pasal 9 Ayat d, dinyatakan bahwa Narapidana berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak sesuai dengan kebutuhan gizi, tidak terkecuali untuk Kelompok Berkebutuhan Khusus, yaitu Anak, Anak Binaan, Perempuan dalam Fungsi Reproduksi, Pengidap Penyakit Kronis, Penyandang Disabilitas dan Manusia Lanjut Usia yang berada di dalam UPT Pemasyarakatan.

Baca juga:  Kapolri Pimpin Sertijab PJU Mabes Polri dan Lantik 8 Kapolda

Adapun salah satu jenis layanan makanan yang diberikan di UPT Pemasyarakatan kepada Kelompok Berkebutuhan Khusus dan Anak Bawaan adalah pemberian layanan makanan tambahan sesuai dengan kondisi dan besaran kalori yang ditentukan oleh standar kesehatan sebagaimana yang tertuang dalam pasal 61 dan 62 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung terjaganya kondisi fisik dan psikologi Kelompok Berkebutuhan Khusus (Lanjut Usia) selama menjalani proses pembinaan sehingga tercapainya status gizi yang optimal,” jelas Anton.

Baca juga:  Jalani Tes Urine, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Muara Enim Negatif dari Narkoba

Anton menambahkan, adapun dalam kegiatan kali ini Tim Perawatan Lapas Muara Enim memeriksa status gizi dengan melakukan Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Lingkar Perut dan Lingkar Lengan Atas, Pengukuran Tinggi Badan, melakukan tensi dan memberikan makanan tambahan.

“Dari hasil pemeriksaan, Alhamdulilah didapatkan hasil yang baik, namun demikian Lapas Muara Enim konsisten untuk terus melakukan peningkatan layanan kesehatan terhadap WBP,” tandas Anton. (Aal/Humas Lanim)

Baca juga:  Peduli Lingkungan, Kapolri – Panglima TNI Tanam Pohon Mangrove di Banten

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *