Isi Kuliah Umum di FISIP Unsri, Kaffah Paparkan 5 Langkah Strategis Pemkab Muara Enim Menuju Birokrasi Kelas Dunia

Berita, Sumsel108 views

PALEMBANG, ENIMTV – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah mengisi Kuliah Umum dengan tema “Tata Kelola Pemerintahan Daerah Menuju Birokrasi Kelas Dunia” di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sriwijaya (Unsri), Selasa (7/3/2023).

Dalam Kuliah Umum yang bertempat di Ruang Prof. Djuani Mukti, UPT Lab Bahasa Kampus Bukit Besar Palembang tersebut, Plt Bupati memaparkan 5 (lima) langkah strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim dalam menjalankan birokrasi pemerintahan.

Baca juga:  Audiensi Kepada Plt Bupati Muara Enim, Jajaran PT. Pegadaian (Persero) Area Palembang Perkenalkan Produk Tabungan Emas

Tak hanya kiat-kiat yang ditempuh Pemkab Muara Enim menuju birokrasi kelas dunia, Plt Bupati juga memberikan motivasi dan berbagi pengalaman kepada mahasiswa/i FISIP Unsri kala dulu semasa dirinya menimba ilmu di luar negeri.

Plt Bupati menjelaskan lima langkah strategis yang telah ditempuh jajaran Pemkab Muara Enim untuk menuju birokrasi kelas dunia, yakni pertama adalah mengaktifkan prasarana dan sarana Informasi dan Komunikasi (Inforkom) yang serba digital demi kerja tepat, cepat dan cermat.

Baca juga:  Resmikan Kantor Camat Panang Enim, Ini Pesan HNU

“Kedua, yaitu menyiagakan kekuatan SDM di setiap OPD, UPT dan Perusahaan Daerah dengan SOP 3-tingkatan demi efektifitas Management Clean Goverment,” jelasnya.

Ketiga, lanjut Plt Bupati, secara rutin dan berkala dilaksanakan rapat koordinasi terbatas tematik.

“Kemudian, keempat adalah siap mendayagunakan kerja sama OPD Kabupaten/Kota dan perguruan tinggi dan terakhir kelima adalah selalu mengaktifkan kerja sama OPD dengan Kamar Dagang Indonesia Daerah (KADINDA) guna memberikan praktis perniagaan ekspor kepada UMKM daerah (BUMDes),” sambungnya.

Baca juga:  Kapolri Minta Masyarakat Tak Panik Pasca Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

Plt Bupati yang berhasil memukau para audiens gabungan dari para mahasiswa S1, S2 dan S3, disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Di akhir acara, sebagai wujud apresiasi karena telah memberikan Kuliah Umum bagi para Mahasiswa/i FISIP Unsri, Plt Bupati menerima plakat dan piagam yang diserahkan secara langsung oleh Dekan FISIP Unsri Prof. Dr. Alfitri., M.Si. (Aal/Prokopim-ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *