Peringati HBI, Yonif 141/AYJP Gelar Bersih Sampah di Tanjung Enim

Berita, Daerah58 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Dalam rangka memperingati Hari Bersih Indonesia (HBI) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) 141/AYJP Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto, S.E. bersama seluruh prajurit Yonif 141/AYJP bekerja sama dengan Indonesia Indah Foundation, mengadakan kegiatan bersih-bersih di wilayah Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumsel, Minggu (19/02/2023).

Kegiatan bersih-bersih tersebut dihadiri oleh Opa Yuri penggiat lingkungan hidup dari Indonesia Indah Foundation yang kebetulan memiliki darah keturunan Asal Kuba, Amerika Latin, bekerja sama dengan KLHK dan para pihak terkait di skala nasional, PTBA, Kadin DLH dan Sekretaris, OPTD Kecamatan Lawang Kidul, Ketua PGRI, dewan guru, serta siswa dan siswi Kecamatan Lawang Kidul.

Baca juga:  Juarsah Serahkan Kunci Hasil Bedah Rumah Program Baznas Muara Enim di Desa Karang Raja

Komandan Batalyon Infanteri 141/AYJP Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir pada kegiatan ini untuk ikut bersama bersih-bersih di wilayah Kecamatan Lawang Kidul. Diketahui, peserta dalam kegiatan ini kurang lebih berjumlah 735 orang,

“Dalam kegiatan ini terkumpul sampah seberat 2.150 kilogram, di mana Ini adalah suatu bukti apabila kita serius berbuat nyata secara berkelanjutan dan disiplin, niscaya kota Kabupaten Muara Enim bersih bukanlah angan semata,” ujar Danyon.

Lebih lanjut, Danyon pun mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan di rumah maupun di tempat umum.

“Mengingat kebersihan merupakan dari iman kita. Walaupun suasana hujan, para siswa dan siswi semangat dan kami dari kesatuan Yonif 141/AYJP merasa bangga kita lakukan bersama, dan kegiatan ini bukan kali ini saja kita lakukan,” ucapnya.

Baca juga:  Presiden Jokowi Terima Prabowo di Istana Merdeka dan Bicarakan Banyak Hal

Danyon mengatakan, adik adik pelajar bisa datang melihat sendiri ke Yonif 141/AYJP, setiap pagi sehabis salat subuh anggota melaksanakan bersih-bersih di Batalyon.

“Kita mulai dari dini untuk menjaga kebersihan lingkungan di rumah, di sekolah, maupun lingkungan tempat umum,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 4 Lawang Kidul yang juga selaku Ketua PGRI Kecamatan Lawang Kidul, Susmita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danyonif 141/AYJP beserta prajurit.

“Sangat luar biasa, mengingat peduli lingkungan mengambil sampah mulai dari SIBA ujung dan dari Karang Asem, tibanya langsung di tempat museum PTBA,” ujar Susmita.

Baca juga:  Imigrasi Gelar Layanan 3 in 1 "SI MAMAT", Bupati Lahat: Ayo Manfaatkan Program Ini

Kegiatan bersih-bersih yang diwarnai guyuran hujan itu tetap berlanjut sambil menyaksikan atraksi prajurit Yonif 141/AYJP.

“Untuk ke depannya supaya memotivasi kepada seluruh warga, agar mereka jangan membuang sampah sembarangan dan di samping itu kesadaran masyarakat itu mendukung untuk peduli sampah,” imbuh Susmita.

Sebagai bagian dari acara untuk para pelajar, Danyonif 141/AYJP menyiapkan beberapa games berhadiah berupa pertanyaan atau kegiatan yang berkenaan dengan lingkungan hidup,

“Alhamdullilah siswa dari SD Negeri 03 Lawang Kidul juara pertama mendapatkan trofi dari Danyonif 141/AYJP.” ucap Susmita. (Aal/Yonif 141/AYJP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *