450 Prajurit Satgas Pamtas Kewilayahan RI-PNG Yonif 141/AYJP Dilepas Pj Bupati Muara Enim

Berita, Daerah36 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Sebanyak 450 orang prajurit Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Kewilayahan Republik Indonesia – Papua Nugini (RI-PNG) Yonif 141/AYJP dilepas keberangkatannya oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Ahmad Rizali.

Pelepasan personel yang dilaksanakan di Lapangan Sai Sohar Yonif 141/AYJP itu dihadiri oleh para Forkopimda dan stakeholder terkait, Rabu (12/6/2o24).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Pj Bupati Muara Enim dalam amanatnya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim, mengucapkan selamat bertugas kepada 450 Prajurit Personel Satuan Tugas
Pengamanan Perbatasan Kewilayahan Republik Indonesia – Papua Nugini Tahun 2024 Batalyon Infantri 141/AYJP.

“Menjadi anggota Satgas Pengamanan Perbatasan juga merupakan bagian dari pelaksanaan tugas negara dan tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan itu,” ujarnya.

Baca juga:  Petani Padi di OKUT Keluhkan Kelangkaan Pupuk Saat Musim Tanam

Pj Bupati berharap kesempatan ini hendaknya bisa dijadikan motivasi untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara, sekaligus menumbuhkan kebanggaan bagi keluarga, kesatuan dan juga termasuk masyarakat Kabupaten Muara Enim, Bumi Serasan Sekundang.

“Saya juga berpesan agar para prajurit senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran, mengingat medan di daerah perbatasan yang pasti sangat berat. Selain itu tak kalah pentingnya adalah selalu menjaga sikap dan perilaku dalam bergaul dengan penduduk setempat, agar tidak menimbulkan berbagai hal yang tidak kita inginkan bersama,” pesannya.

“Selamat jalan dan selamat bertugas, semoga sampai ditujuan dan kembali lagi bersama keluarga tercinta dalam keadaan sehat walafiat,” tutup Pj Bupati.

Baca juga:  Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pj Bupati Muara Enim Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

Sementara itu, Komandan Yonif 141/AYJP Letkol Inf Syurya Dharma pada kesempatan ini menjelaskan bahwa, Yonif 141/AYJP mendapat tugas, amanah dan kehormatan berangkat untuk Satgas Pamtas Kewilayahan ke Papua.

“Kami menggantikan satuan dari 125/Simbisa dari Kodam I untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan wilayah perbatasan di Papua, tepatnya di daerah Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi dan Kabupaten Asmat,” jelas Danyonif.

Danyonif mengatakan, tugas ini merupakan kehormatan bagi Yonif 141/AYJP dengan membawa 450 orang beserta dilengkapi dengan Alutsista.

Lebih lanjut, Danyonif menerangkan, ratusan prajurit Yonif 141/AYJP nanti akan berangkat pada tanggal 13 Juni dan dilepas besoknya oleh Pangdam II/Sriwijaya.

Baca juga:  Wabup H. Ardani: Pejabat Yang Dilantik Kemarin Hanya Sementara Semua

“Selanjutnya, tanggal 15 kita akan surpass melalui Pelabuhan Boom Baru, naik kapal lanjut menuju Pontianak, kemudian kita menuju ke Tanjung Priok, Kolinlanmil. Setelah itu, kita akan melaksanakan latihan pra tugas selama 1 bulan di daerah latihan Sanggabuana,” terangnya.

Kemudian, sambung Danyonif, prajurit akan langsung diberangkatkan tugas kira-kira tanggal 25 Juli menuju ke Papua dengan menggunakan KRI Kapal Angkatan Laut.

“Kami berharap kepada rekan-rekan semua, mohon doa restunya, kami berangkat dan kembali lengkap tanpa ada kurang apapun,” pungkasnya.

Prajurit Satgas Pamtas Kewilayahan RI-PNG ini nantinya akan melaksanakan tugas operasi pengamanan paling singkat selama 1 tahun. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *