Penutupan Bulan K3 Nasional 2023, PTBA Pastikan Keselamatan Operasi Tambang Jadi Nomor Satu

Berita, Daerah231 views

TANJUNG ENIM, ENIMTV –  PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar acara puncak perayaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2023 di Gedung Serbaguna Tanah Putih Bukit Asam, Tanjung Enim, Selasa (14/2/2023).

Acara ini juga sekaligus menutup rangkaian kegiatan peringatan Bulan K3 Nasional 2023 yang telah dilaksanakan oleh PT Bukit Asam Tbk, khususnya di Unit Pertambangan Tanjung Enim.

General Manager Unit Pertambangan Tanjung Enim, Venpri Sagara dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur, karena peringatan Bulan K3 Nasional 2023 yang dimulai sejak 11 Januari 2023 dapat diselesaikan dengan lancar hingga hari ini.

“Kita bersyukur kegiatan bulan K3 ini tidak hanya dimeriahkan oleh pegawai Bukit Asam dan mitra kerja, tetapi juga melibatkan para pelajar SMP-SMA, Karang Taruna, maupun Organisasi Kemasyarakatan di Ring 1 Bukit Asam,” ujar Venpri.

Melalui tema Bulan K3 Nasional 2023, yaitu “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja”, Venpri mengajak seluruh pegawai maupun mitra kerja PTBA untuk bersama-sama menumbuhkan budaya K3 di tempat kerja masing-masing, guna menjamin keberlangsungan usaha di PTBA.

Dalam kesempatan ini juga, Venpri mengungkapkan terkait rencana jangka panjang produksi batu bara PTBA hingga tahun 2027 mendatang.

Baca juga:  Perayaan Iduladha 1444 H, Lapas Muara Enim Sembelih 7 Hewan Kurban

“Tahun ini Insya Allah kita akan produksi di angka 42 juta ton. Tahun depan di 2024 kita akan mencapai Era PTBA Emas, ini dicanangkan 13 tahun lalu di 2009, kita akan mencapai produksi tembus 50 juta ton. Tahun 2025 kita akan mencapai produksi 76 juta ton, itu berarti PTBA menjadi perusahaan tambang nomor 3 terbesar di dunia. Kemudian di tahun 2027, kita akan produksi 100 juta ton,” ungkapnya.

Venpri menegaskan, landasan utama yang paling penting agar dapat mencapai produksi batu bara sebesar itu adalah zero accident.

“Tidak ada gunanya kita mencapai PTBA emas, peringkat nomor 3 di dunia, tetapi masih ada terjadi kecelakaan tambang apalagi fatality,” tegasnya.

Untuk itu, dia meminta kepada para Kepala Satuan Kerja dan PJO di Bukit Asam, agar benar-benar fokus terkait dengan pengelolaan keselamatan operasi pertambangan.

“KIta pastikan mulai dari sekarang dan seterusnya bahwa keselamatan operasi tambang menjadi hal nomor satu yang harus kita capai,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara Puncak Bulan K3 Nasional Bukit Asam 2023, M. Agus Masrukhin dalam laporannya menyampaikan bahwa, PTBA bekerja sama dengan seluruh mitra kerja telah melaksanakan berbagai rangkaian acara untuk memperingati Bulan K3 Nasional 2023.

Baca juga:  Stadium General LK-1 HMI Universitas Paramadina Jakarta

“Agenda Bulan K3 Nasional ini menjadi momentum untuk mengingatkan kita akan pentingnya K3, guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif,” ujar Agus.

Lebih lanjut, Agus mengatakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan meliputi yang bersifat strategis, promotif, dan implementatif.

“Pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2023 terdiri dari 11 kegiatan utama, yang dimulai dari tanggal 11 Januari 2023 sampai dengan 14 Februari 2023,” katanya.

Dalam pelaksanaannya, jelas Agus, PTBA bekerja sama dengan 125 Stakeholder yang terdiri dari Kementerian ESDM, Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa, PMI, Organisasi Kepramukaan, Asosiasi Profesi, Praktisi, Pengelola Pendidikan, Yayasan, Forum Masyarakat, Media Massa, dan seluruh mitra kerja PTBA.

“Adapun total partisipan yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Bulan K3 sebanyak 3.341 partisipan,” jelasnya.

Berikut ini rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional yang telah dilaksanakan oleh PTBA:

  • Upacara Pembukaan dan Donor Darah Bulan K3 Nasional 2023 (11 Januari 2023)
  • Safety for Youth (12 Januari – 10 Februari 2023)
  • Susur Sungai #SaveTheRiver (14 Januari – 4 Februari 2023)
  • Webinar Series K3 Conference (17 Januari 2023)
  • Cerdas Cermat K3 Kategori Karyawan dan Pelajar (26 Januari – 1 Februari 2023)
  • Kompetisi Video Safety Talk (2 Februari 2023)
  • Persami Pramuka (3 – 5 Februari 2023)
  • Penilaian Implementasi Golden Rules (6 – 10 Februari Februari 2023)
  • The 1st South Sumatera Fire Rescue Challenge (8 – 11 Februari 2023)
Baca juga:  Panglima TNI Pimpin Apel Gelar Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19

Dari seluruh rangkaian acara di atas, Agus berharap agar K3 dapat menjadi bagian saat melakukan pekerjaan dan tanggung jawab.

“K3 bukan hanya menjadi tanggung jawab satuan kerja K3, tetapi K3 merupakan tanggung jawab kita semua. Mari kita mulai untuk mengimplementasikan K3 dalam pelaksanaan pekerjaan. Karena kalau bukan kita, siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi,” tutupnya.

Acara puncak perayaan Bulan K3 Nasional 2023 Bukit Asam diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Bulan K3, pembagian dooprize, dan ditutup dengan penampilan Guest Star Musisi Bondan Prakoso. (Aal)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *